Mobile Ad
Ini Teknologi Canggih Mobil Presiden yang Diduga Alami Ban Bocor

Rabu, 24 Jan 2024

FTNews - Ban mobil Kepresidenan Indonesia diduga bocor saat dalam perjalanan kunjungan kerja. Dari kejadian tersebut, perjalanan terhambat untuk proses perbaikan.

Peristiwa tersebut berhasil seorang pengendara mobil yang melintas rekam di lokasi kejadian dan ia unggah lewat akun Instagram @innovacommunity, Rabu (24/1).

Jika memang benar dugaan itu, kondisi ini jelas berbahaya. Apalagi jika sedang melaju dengan kecepatan tinggi. Sebab di dalam mobil ada sosok orang nomor satu di Indonesia.

Namun, ternyata di balik insiden tersebut, Mobil Mercedes Benz S600 Guard yang menjadi mobil kepresidenan ini memiliki teknologi yang cukup canggih. Teknologi tersebut mulai dari, mesin bensin V12  dengan kekuatan daya kuda sebesar 530 tenaga kuda (horsepower).

Selain itu memiliki torsi hingga 830 Nm dengan 7G-Tronic transmisi otomatis. Dengan hal tersebut, mobil ini dapat melaju hingga kecepatan 210 km/jam.

Aman dari Ancaman


Bukan hanya anti peluru dengan senjata biasa saja, mobil ini dapat menahan serangan dari senjata kaliber besar, seperti mesin M60.

Jika sewaktu-waktu ada keadaan darurat seperti gas beracun. Mobil ini juga memiliki oksigen sendiri yang dapat mencegah racun tersebut terhirup.

Dalam hal ledakan, mobil ini sudah memiliki plat khusus pada bagian bawah mobil. Sehingga dapat meminimalisir adanya bom atau ranjau yang meledak pada bawah mobil.

Lalu spesifikasi lainnya yakni, ban anti bocor atau RFT (Run Flat Tyre). Dengan adanya teknologi tersebut, mobil dapat melaju hingga 30 km jauhnya tanpa harus berganti ban dahulu.

Mobil Kepresidenan RI, Joko Widodo. (Foto: SekertariatRI)

Fitur Canggih


Teknologi pendukung pada mobil ini juga terdapat BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist,  DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, dan  Active Lane Keeping Assist. Hal tersebut dapat mendeteksi adanya pejalan sekitar dan memudahkan dengan adanya rem elektronik tersebut.

Bahkan jika dalam keadaan gelap ataupun banyaknya gangguan sekitar mobil. S 600 Guard ini memiliki fitur Night View Assist Plus yang memudahkan pengemudi untuk melihat sekitar.

Dengan kemampuan super tersebut. Kisaran harga mobil ini yaitu Rp7,3 miliar.

Sebelum adanya mobil ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menggunakan mobil Mercedes-Benz S Class W140. Namun, saat melakukan tugasnya, mobil tersebut berganti menjadi Mercedes Benz S600 Guard sampai sekarang masih menjadi mobil Kepresidenan RI.

Kejadian insiden di jalan yang menyebabkan hambatan kepada Presiden JokoWidodo, tidak hanya sekali terjadi. Namun, hal serupa juga pernah ia alami. Seperti kejadian kunjungan Presiden ke Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat, tahun 2019. Saat itu mobil presiden mogok dan ada kendaraan pengganti.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement