Mobile Ad
Kejar Target Mulus Saat Lebaran, Jalan Berlubang di Kuansing Diperbaiki Dinas PUPR Riau

Selasa, 12 Mar 2024

FTNews - Ratusan lubang yang bertebaran di jalan provinsi di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) diperbaiki Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Pemprov Riau.

Untuk memperbaiki jalan berlubang tersebut, dikerahkan alat berat oleh petugas dari UPT Jalan dan Jembatan Wilayah V Dinas PUPR Riau. Perbaikan jalan di Kabupaten Kuansing dilakukan sebagai bentuk tindak lanjut instruksi dari Pj Gubernur Riau SF Hariyanto untuk memperbaiki jalan yang rusak.

"Ya proses perbaikan terus kita lakukan. Seperti di beberapa titik di jalan Sudirman Beringin Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah dan Kecamatan Benai dan beberapa titik perbaikan lainnya," kata Kepala UPT Jalan dan Jembatan Wilayah V Basharuddin, Selasa (12/3/24).

Menurut Basharuddin, proses perbaikan dilakukan secara bertahap. Dalam penanganan tersebut, UPT Wilayah V PUPR Riau mengerahkan alat berat berupa excavator, motor grader dan vibro roller disiagakan di beberapa lokasi yang kerusakannya cukup memprihatinkan.

"Ini arahan pak Pj Gubernur yang menginstruksikan untuk memperbaiki jalan-jalan rusak yang menjadi kewenangan provinsi."

"Saat ini alat berat sedang bekerja memperbaiki titik-titik yang rusak di daerah Kuansing dan daerah lainnya," katanya.

Ia mengemukakan bahwa perbaikan sebenarnya sudah dilakukan beberapa pekan lalu.

Namun intensitas hujan yang tinggi membuat petugas menghadapi kendala di lapangan. Walau menghadapi kendala tersebut, usaha meminimalisasi kerusakan jalan tetap dilakukan dengan cara menimbun lubang-lubang yang menganga.

"Ratusan lubang-lubang menganga di ruas jalan yang menjadi tanggung jawab provinsi sudah banyak diperbaiki. Di antaranya yang ada di ruas Jalan Sudirman Beringin Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah," ucapnya.

Selain itu, beberapa ruas lainnya, UPT Wilayah V Dinas PUPR Riau terus berpaya menjadikan jalan tetap fungsional. Basharuddin mengakui, meski tak maksimal, bila dibiarkan akan tambah parah.

"Kalau waktu intensitas hujan turun target kita sementara menjadikan jalan tetap fungsional. Memang dulu ada keluhan, tapi kita bisa maksimal. Melainkan menjaga tetap fungsional. Namun, dalam berapa hari terlahir setelah tak lagi hujan kita langsung kebut pekerjaan," ujar Basharudin.

Lebih lanjut, ia juga menargetkan proses perbaikan ruas jalan itu akan tuntas sebelum lebaran dengan target nantinya arus lalu lintas masyarakat yang merayakannya menjadi lancar.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement