Mobile Ad
Kenapa Imlek Selalu Identik dengan Warna Merah?

Kamis, 25 Jan 2024

FTNews - Menjelang Tahun Baru Imlek, banyak ditemukan ornamen dan pernak-pernik berwarna merah. Ini karena perayaan Imlek memang sangat identik dengan warna merah. Warna merah bukan hanya ada dalam dekorasi dan pakaian, tetapi juga dalam berbagai elemen perayaan, seperti lampion, hiasan dinding, dan aneka aksesori perayaan.

Identifikasi Imlek dengan warna merah awalnya ada pada berbagai tradisi dan keyakinan budaya Tionghoa. Selain itu, merah merupakan  warna yang bisa mengusir roh jahat dan membawa keberuntungan.

Oleh karena itu, penggunaan warna merah dalam perayaan Imlek menjadi simbol kegembiraan, keberuntungan, dan vitalitas.

Warna merah menjadi simbol penting dalam perayaan Imlek atau Tahun Baru Cina karena memiliki makna positif dalam budaya Tionghoa. Beberapa alasan utama mengapa warna merah istimewa dalam Imlek adalah:

Keberuntungan dan Kesejahteraan

Banyak yang beranggapan warna merah adalah warna yang membawa keberuntungan dan kesejahteraan dalam tradisi Tionghoa. Banyak yang percaya bahwa penggunaan warna tersebut selama perayaan Tahun Baru China dapat membawa keberuntungan bagi keluarga yang merayakannya.

Pengusir Roh Jahat

Tradisi Tionghoa meyakini bahwa warna merah dapat mengusir roh jahat dan energi negatif. Oleh karena itu, orang-orang mengenakan pakaian merah, menghias rumah dengan barang-barang berwarna merah. Dan bahkan memberikan amplop merah berisi uang (angpao) sebagai simbol keberuntungan.
Simbol Api dan Vitalitas

Merah juga erat kaitannya dengan unsur api dalam ajaran Tionghoa tentang lima unsur (kayu, api, tanah, logam, air). Api adalah simbol vitalitas, semangat, dan kehidupan, yang sangat cocok untuk merayakan awal tahun baru.

Penghormatan kepada Naga dan Makhluk Mitologi

Dalam mitologi Tionghoa, naga adalah makhluk mitos yang di hormati dan membawa keberuntungan. Naga sering kali tergambar dengan berwarna merah. Dan penggunaan warna ini selama perayaan Imlek dianggap sebagai penghormatan terhadap naga dan makhluk mitos lainnya.

Tradisi dan Budaya

Selain simbolisme tertentu, penggunaan merah juga menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi dalam budaya Tionghoa. Oleh karena itu, penggunaan merah selama perayaan Tahun Baru China menjadi bagian penting dari identitas budaya mereka.

Dengan demikian, warna merah dalam perayaan Imlek bukan hanya sekadar visual, tetapi juga memiliki makna mendalam dan simbolisme dalam konteks budaya Tionghoa.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement