Mobile Ad
Minum Kopi dapat Menyehatkan Tubuh? Ini Faktanya!

Senin, 19 Feb 2024

FTNews - Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Selain itu, banyak masyarakat Indonesia juga mengonsumsi kopi.Pasar kopi di Indonesia sangat besar dan masyarakat dapat menikmatinya dengan berbagai macam variasi. Dapat berupa kopi hitam, kopi susu, dan masih banyak lainnya.Biasanya, orang-orang meminum kopi hanya untuk sekadar menambah energi ataupun memperbaiki mood. Akan tetapi, ternyata khasiat dari kopi tidak hanya itu saja.Melansir dari University of California, Los Angeles (UCLA), ternyata kopi memiliki khasiat yang baik untuk fisik, mental, dan pencegahan penyakit. Berikut beberapa manfaat dari meminum kopi menurut UCLA. Ilustrasi minuman kopi. Foto: canva

Baik untuk Kesehatan Hati

Sebuah penelitian mengungkapkan setelah hampir 500 ribu masyarakat Inggris yang meminum kopi dapat mengurangi risiko penyakit hati. Penelitian mengatakan bahwa kopi instan dan kopi bubuk dapat menjaga kesehatan hati, namun kopi bubuk lebih memiliki manfaat lebih banyak.

Menjaga Kesehatan Jantung

Berdasarkan American Heart Association (AMA), meminum setidaknya satu cangkir kopi per harinya dapat mengurangi risiko gagal jantung. Jika membandingkan dengan bukan peminum kopi, para pengonsumsi kopi dapat mengurangi risiko serangan jantung hingga 12 persen per cangkirnya.Dengan catatan, meminum lebih banyak kopi tidak bukanlah solusi jangka panjang yang tepat untuk menghindari sakit jantung. Akan tetapi, kegiatan seperti berhenti merokok, mengurangi berat badan, dan berolahraga lebih baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Penelitian mengatakan bahwa meminum kopi dapat menurunkan risiko terkena kanker. Namun, hanya dapat bekerja untuk beberapa tipe kanker.Minum kopi dapat mengurangi risiko terkena kanker colorectal, kanker endometrial, kanker hati, kanker mulut, dan kanker prostat.

Menjaga Tubuh dari Diabetes Tipe 2

Berdasarkan 30 penelitian, kita dapat mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2 dengan meminum kopi setiap harinya. Penelitian mengatakan kopi dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua sebanyak enam persen per cangkirnya.Jika kita meminum kopi lima atau lebih cangkir kopi per harinya, maka pengurangan risiko sebanyak 30 persen.

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement