Mobile Ad
Polres Inhil dan Instansi Terkait Pantau Arus Balik di Perairan Sungai Indragiri

Minggu, 14 Apr 2024

FTNews, Indragiri Hilir – Polres Indragiri Hilir (Inhil) bersama instansi terkait melakukan pengawasan dan memonitor arus balik mudik lebaran H+4 di pelabuhan perairan Sungai Indragir. Pengawasan ini dilakukan sebagai bagian dari Operasi Ketupat 2024 untuk mengawasi arus balik dan menjaga keamanan perjalanan di wilayah perairan.

Dilansir pidpoldariau, arus balik Lebaran di pelabuhan perairan Sungai Indragir mulai padat. Untuk memastikan keselamatan pelayaran, Polres Inhil menegaskan bahwa speedboat yang melebihi muatan tidak akan diizinkan berangkat atau harus putar balik untuk menghindari risiko laka laut atau kapal tenggelam.

“Kami memberikan teguran kepada kapal yang membawa penumpang dan barang melebihi kapasitas muatan yang diizinkan,” kata Kabag Ops Polres Inhil, Kompol Rizki Hidayat.

Selain memberikan teguran, seluruh tim melakukan pengecekan manifest dan memberikan imbauan keselamatan kepada penumpang. Pengecekan ini bertujuan untuk memastikan setiap kapal mematuhi aturan keselamatan dan membawa muatan sesuai kapasitas.

“Arus lalu lintas di masa arus balik Lebaran ini rawan terjadinya laka laut atau kapal tenggelam akibat speedboat yang berlomba mengejar penumpang. Oleh karena itu, kami terus mengawasi dan memonitor seluruh speedboat dan kapal yang melintasi Sungai Indragiri,” tegas Kompol Rizki Hidayat.

Turut hadir dalam kegiatan pengawasan tersebut Kepala Badan Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Provinsi Avi Mukti Amin, Kepala Cabang Jasa Raharja (Persero) Provinsi Riau Hasjudin, Kasat Polairud Polres Inhil AKP Ridwan, Kepala KSOP IV Tembilahan, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tembilahan Ipda Fauzan, dan Kanit Gakkum Sat Polairud Iptu P. Simanjuntak.

Dengan upaya bersama ini, Polres Inhil dan instansi terkait berharap dapat menjaga keamanan dan keselamatan perjalanan masyarakat selama arus balik mudik Lebaran.***

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement