Mobile Ad
Ribuan Orang Meriahkan Festival Tabut Bengkulu 2024

Selasa, 16 Jul 2024

FTNews – Festival Tabut Bengkulu 2024 berlangsung meriah. Event yang masuk dalam kalender Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini diikuti oleh ribuan orang yang memadati arena utama.

Prosesi arak-arakan besar Tabut Tebuang ini dilepas langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, yang bergelar Rajo Agung, di halaman Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (16/7/2024).

Dilansir dari mediacenterbkl, tanggal 10 Muharam merupakan puncak dari prosesi ritual budaya Tabut di Provinsi Bengkulu. Setelah melaksanakan berbagai rangkaian ritual Tabut, pada hari ini dilaksanakan prosesi arak-arakan Tabut Tebuang.

 

Prosesi arak-arakan besar Tabut Tebuang ini dilepas langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, yang bergelar Rajo Agung, di halaman Balai Raya Semarak Bengkulu, Selasa (16/7/2024)./Foto: mediacenterbkl

 

Prosesi Tabut Tebuang dimulai dari Balai Raya Semarak Bengkulu dan dilanjutkan melintasi jantung Kota Bengkulu hingga akhirnya Tabut 'dibuang' di Padang Karabela Bengkulu.

Dalam amanatnya, Gubernur Rohidin berpesan agar event budaya ini dapat dilaksanakan dengan khidmat dan suasana yang tertib.

Gubernur mengajak masyarakat untuk mengikuti acara prosesi Tabut Tebuang dengan khidmat, saling menghormati satu sama lain sehingga prosesi arak-arakan ini berjalan aman dan damai. Dengan demikian, pesan budaya dari prosesi Tabut Tebuang ini bisa tersampaikan.

Sekda Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, mengapresiasi semua pihak, termasuk pemda kabupaten/kota, Kerukunan Keluarga Tabut (KKT) Bencoolen, dan masyarakat sekitar Lapangan Merdeka, yang telah berkontribusi aktif mensukseskan Festival Tabut Bengkulu tahun 2024.

Ke depan, lanjut Sekda Isnan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan kebudayaan dan kepariwisataan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan mengusulkan beberapa event kebudayaan dan pariwisata agar juga masuk di kalender Karisma Event Nusantara Kemenparekraf RI.***

 

Topik Terkait:

Advertisement

Advertisement