Lepas Kontingen PON Jateng, Nana Sudjana: Target Masuk 3 Besar!

FTNews, Semarang— Seperti daerah lain, Provinsi Jawa Tengah juga melakukan pelepasan Kontingen PON daerahnya untuk berlaga di PON XXI Aceh-Sumut 9-20 September 2024. Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana menyatakan, target Kontingen PON Jateng adalah masuk peringkat 3 besar.

Untuk membakar semangat para atlet, Nana bakal meningkatkan bonus peraih medali, dan meningkatkan fasilitas sejumlah cabang olahraga.

Hal itu disampaikan Nana saat melepas 758 atlet dan official dari 60 cabang olahraga (cabor), di GOR Jatidiri. Menurutnya, prestasi Jateng harus lebih baik dibanding PON XX di Papua 2021 silam, yang saat itu berada pada posisi enam.

Jika ditotal beserta tim pendukung, jumlah kontingen Jateng yang akan diberangkatkan sejumlah 1.141 orang. Mereka akan berangkat secara bertahap mulai 29 Agustus, dan mengikuti acara pembukaan pada 9 September 2024.

“Target kami adalah tiga besar, kami yakin, atau setidak-tidaknya sasarannya adalah perbaikan peringkat dan menambah perbendaharaan medali (emas). Dulu 27 (medali emas), sekarang minimal 50 (medali emas). Kita target tiga besar minimal di empat besar,” jelas Nana kepada wartawan, dilansir keterangan Diskominfo Jateng.

Cabor Unggulan

Terkait cabor olahraga unggulan, dia menyebut beberapa, di antaranya taekwondo, wushu, menembak, pencak silat, atletik, dan panjat tebing. Pada cabor tersebut, kalkulasi medali minimal mendapat tiga emas.

Terkait pengembangan dunia olahraga di Jateng, Nana mengaku cukup memberi perhatian. Ini dibuktikan dengan berbagai event olahraga, yang digelar sejak ia menjabat setahun lalu.

Di antaranya, ajang Jateng Specta atau Jateng Sport Tourism Event, yang mempertandingkan 14 jenis cabang olahraga. Hal itu diharapkan menjadi ajang pemanasan bagi para atlet, yang akan berlaga pada PON XXI 2024.

“Kami sudah menyiapkan bonus, khususnya yang mendapat medali emas, perak, dan perunggu, kami tingkatkan dari 2021 ini sebagai penghargaan. Kemudian pada APBD 2025, sebagai rasa memiliki keolahragaan Jateng, saya anggarkan untuk beli peralatan bagi cabor di Jateng ada sekitar 21 cabor,” ucap Nana di podium.

BACA JUGA:   Empat Skuat Garuda Dapat Bermain di Liga Italia

Semangat Nana Sudjana rupanya menular kepada para atlet. Mereka optimistis dapat mempersembahkan medali emas untuk kontingen Jateng.

Atlet Hapkido Jateng, Kintan Arminata Dewi menyebut, sudah lima bulan mempersiapkan pertandingan. “Insyaallah kita targetkan enam emas. Ini cukup optimis karena di ajang Pra PON raihannya juga segitu. Lawan paling berat itu dari DIY, Lampung, dan Sulawesi Utara,” ucap wanita berhijab itu.

Sementara, pelatih cabor gulat, Khoirus Salim mengaku, menargetkan raihan dua emas. Optimisme itu ia katakan, karena melihat perkembangan teknik anak anak didiknya.

“Kalau dari KONI hanya menargetkan satu emas, tapi dari saya targetkan dua emas. Itu keberanian, tidak sombong karena melihat dari kenyataan di latihan,” tegasnya.***

 

Artikel Terkait