Malam Ini, Tiga Paslon Capres-cawapres Bakal Adu Gagasan Penguatan Antikorupsi di KPK

FTNews – Tiga paslon capres-cawapres 2024 akan saling unjuk gagasan Penguatan Antikorupsi untuk Penyelenggara Negara Berintergritas (Paku Integritas), Rabu (17/1) malam ini.

Acara tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, Ketua KPK sementara, Nawawi Pomolango menegaskan tidak ada debat dalam kegiatan tersebut.

“Tidak ada format seperti debat itu, kami pastikan itu tidak ada, juga bukan adu program,” kata Nawawi di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (16/1).

Justru, lanjutnya, ia akan menyampaikan permasalahan tentang pemberantasan tindak pidana korupsi yang selama ini menghambat kinerja pihaknya.

“Apakah kelak kemudian kalau satu di antara mereka terpilih, komit untuk menyelesaikan persoalan yang kami sebutkan,”imbuhnya.

KPK kata Nawawi, akan memaparkan setidaknya 6 hingga 10 permasalahan mereka selama ini.

Salah satunya, Nawawi membocorkan perihal kendala dalam pelaksanaan koordinasi dan supervisi penanganan perkara korupsi.

“Ketika salah satu antara mereka bisa terpilih bisa kemudian masuk gitu, untuk menyelesaikan itu. Untuk berada di belakang KPK untuk bisa menerobos sekat-sekat yang dihadapkan kepada komisi ini dalam pelaksanaan tugas koordinasi dan supervisi,”paparnya.

Menurutnya, tidak menutup kemungkinan dari masing-masing capres-cawapres itu memiliki opini pribadi bagaimana membasmi praktik haram korupsi.

“Barangkali bisa ditambahkan oleh ketiga calon, apa lagi yang akan mereka perbuat selain yang kami permasalahan tersebut dalam upaya pemberantasan korupsi,” pungkasnya.

Artikel Terkait