Mau Nonton Debat Cawapres? Pastikan Kamu Tahu Sederet Hal Ini

FTNews, Jakarta- Menjelang debat perdana cawapres yang bakal berlangsung pada Jumat, (22/12) di Jakarta Convention Center (JCC), sederet poin penting agaknya perlu diketahui setiap pasang mata yang menyaksikannya.

Hal itu agar tak lagi muncul pro kontra seputar penyelenggaraan debat. Pasalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah membeberkan informasi mengenai aturan debat jauh-jauh hari.

Tiga kandidat yakni Muhaimin Iskandar, Gibran Rakabuming Raka, dan Mahfud MD, juga terlihat makin siap adu gagasan di hadapan masyarakat Indonesia. Tentunya, bersama dengan visi misi lengkap dengan program kerja mereka.

Tema debat cawapres ini sendiri meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN/APBD, infrastruktur, dan perkotaan.

Tapi tak cuma itu, sebagai pengingat, berikut poin-poin penting di debat perdana cawapres yang perlu kamu tahu.

Format Tidak Berubah

Ketua KPU, Hasyim Asy’ari memastikan debat cawapres tidak akan berubah dari format debat perdana cawapres pekan lalu. Ini karena dari segi waktu, disebut paling sesuai dengan kesepakatan awal semua pihak.

Meskipun Hasyim mengakui ada catatan bahwa debat perdana pekan lalu kurang mendalam lantaran singkatnya waktu.

“Tetapi semua punya kesempatan untuk menjawab yang diajukan panelis maupun masing-masing capres-cawapres sehingga kesempatan lebih banyak. Walau kurang mendalam karena cakupan tema banyak,” kata Hasyim Asy’ari.

Ada 6 Segmen

Akan adan 6 segmen pada debat perdana cawapres dengan total durasi 120 menit. Pada segmen 1, ketiga kandidat akan memaparkan visi dan misi.

Segmen kedua dan ketiga penyampaian pertanyaan yang disusun oleh panelis dan diajukan oleh moderator.

Segmen keempat dan lima, cawapres memiliki kesempatan untuk bertanya ke masing-masing cawapres dan saling menanggapi.

“Jadi persis seperti pada waktu debat yang pertama. Dan itu akan diberlakukan seterusnya sampai dengan debat terakhir, debat yang kelima,” kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari, Selasa (19/12).

11 Panelis

KPU telah mengumumkan nama 11 panelis untuk debat perdana cawapres. Para panelis akan merumuskan pertanyaan-pertanyaan untuk ketiga cawapres.

Baca Juga: Debat Cawapres Digelar di JCC, KPU Siapkan 11 Panelis

Dari 11 nama yang dirilis, mayoritas panelis merupakan ekonom, akademisi dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia hingga lembaga riset seperti Institute for Development of Economics and Finance (INDEF).

Pakai Podium

Usai ramai jadi bahan perbincangan pada debat perdana capres, KPU akhirnya bakal menyediakan podium dalam debat perdana cawapres dan debat-debat berikutnya.

Kata Ketua KPU Hasyim Asy’ari, pemakaian podium itu berdasarkan usulan dari ketiga tim pasangan calon.

“Dalam debat nanti kedua dan seterusnya masing-masing sampai kelima, itu disiapkan podium sederhana. Sebagai sarana untuk tampil dari masing-masing calon presiden maupun calon wakil presiden dalam debat-debat seterusnya, kedua, ketiga, keempat dan kelima,”jelas Hasyim.

Moderator

Moderator dalam debat perdana cawapres nanti adalah Alfito Deannova dan Liviana Cherlisa.

Alfito merupakan Pemimpin Redaksi Detikcom, sementara Liviana adalah pembawa berita sekaligus produser Kompas TV.

Tayang di TV

Pada debat capres kemarin, stasiun televisi yang punya hak tayang adalah TVRI dan RRI.

Sedangkan dalam debat cawapres Jumat mendatang, debat akan tayang di TransTV, Trans7, CNN Indonesia, Kompas TV, dan BTV mulai pukul 19.00 WIB.

Artikel Terkait