Memeluk Pohon Bisa Mengurangi Stres? Patut Dicoba!

Forumterkininews.id, Jakarta – Pohon memiliki banyak manfaat. Selain memberikan oksigen dan buah, daun atau akarnya juga bermanfaat. Pohon juga bisa meredakan stres loh!

Ada sebuah terapi yang bernama Forest Therapy yang populer beberapa tahun belakangan ini. Terapi ini mempraktekkan aktivitas memeluk pohon. Memang terdengar aneh, namun ternyata dengan memeluk pohon dapat memberikan efek luar biasa pada kesehatan mental kita.

Mengutip laman Oddy Central, di China, ada seorang wanita yang mempromosikan manfaat fisik dan psikologis dari memeluk pohon. Awalnya wanita tersebut mulai memeluk pohon pada April 2023 lalu bersama suaminya.

Wanita tersebut merasa mabuk, kemudian memeluk pohon secara sembarangan di jalan kosong. Ia langsung merasakan efek positifnya.

Rasa stresnya, dan telinga berdenging menghilang secara ajaib saat memeluk pohon yang lebat. Hingga akhirnya ia mencoba mencari pohon lain dan membagikan ceritanya.

Wanita yang bernama Qishishiqi tersebut mengatakan ia merasa rileks dan sembuh setelah memeluk pohon yang memiliki usia seribu tahun di taman hutan.

Berinteraksi dengan Alam

Seorang psikolog klinis, Stone Kraushaar yang terkenal sebagai “The Hug Doctor”, mengakui bahwa orang yang berpelukan minimal 21 detik mendapat manfaat dari peningkatan pelepasan oksitosin. Namun, ia tidak yakin hal ini berlaku ketika memeluk pohon.

Selain itu, para pendukung pengobatan tradisional di Tiongkok mengatakan, memeluk pohon bermanfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Meskipun hal ini masih perlu dipertimbangkan diteliti lebih lanjut, memeluk pohon memiliki beberapa manfaat seperti, berkontakan dengan alam dan pohon dapat membuat perasaan lebih baik dan lega. Kita seperti terhubung dengan alam.

Memeluk pohon dapat mengurangi stres. Sebuah penelitian menunjukkan terapi alam dapat mengurangi gejala depresi, kecemasan dan stres. Dengan memeluk pohon, otak kita meningkatkan produksi endorfin yang berfungsi sebagai penenang dalam tubuh kita.

BACA JUGA:   Gua Kitum, Jadi Sarang Penyakit di Kenya

Berkontakan langsung dengan pohon juga membantu mengurangi stres oksidatif, peradangan dalam tubuh, serta meningkatkan kualitas tidur.

Saat memeluk pohon, kita bisa merasakan pertukaran energi antara tubuh kita dan pohon sehingga memberikan dorongan pada tubuh untuk meningkatkan vitalitas.

Namun, hal ini masih bersifat subjektif ya! Tidak semua orang bisa merasakan manfaatnya langsung dari memeluk pohon. Kalau kamu percaya tidak? Mau coba?

Artikel Terkait

Nasib Hubungan Dinar Candy Usai Ko Apex Tersangkut Kasus, Putus?

Nasib hubungan Dinar Candy dan Ko Apex dipertanyakan usai...

Sampai Jual Aset, Dinar Candy Terancam Kehilangan Rp 7 Miliar

Dinar Candy terancam kehilangan Rp 7 miliar. Uang tersebut...

Fiersa Besari Rehat Manggung: Nggak Tau Sampai Kapan

Fiersa Besari memutuskan vakum dari dunia musik. Keputusan ini...