Mendag: Stabilitas Ekonomi Indonesia Terjaga karena Pasar Rakyat dan UMKM

FTNews, Pekanbaru— Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan berpendapat, keberadaan ribuan Pasar Rakyat menjadi salah satu sebab perekonomin Indonesia stabil. Karenanya harus tetap dipertahankan dan terus dikembangkan.

Pasar dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), ujarnya, penyokong utama pertumbuhan ekonomi Indonesia yang patut disyukuri sebab saat ini ekonomi tumbuh di atas lima persen. Bahkan inflasi pun berada di bawah tiga persen.

“Pasar dan UMKM itu sebetulnya penyokong utama pertumbuhan ekonomi kita,” kata Zulkifli Hasan saat peresmian Pasar Rakyat Palapa Kota Pekanbaru dan Pasar Minggu Kabupaten Rokan Hulu, dilansir mediacenter.riau

“Patut kita syukuri inflasi kita di bawah tiga persen. Tahun lalu 2,61 persen. Triwulan ini inflasi kita 2,81 atau di bawah 3 persen,” imbuhnya.

Zulkifli Hasan juga menjelaskan bahwa ekonomi Indonesia tumbuh 5,11 persen sehingga harga masih bisa terjangkau dan stabil. Sebelumnya Mendag RI Zulkifli Hasan juga mengatakan bahwa pasar merupakan sarana penting untuk kemajuan ekonomi masyarakat.

Bahkan menurutnya pasar ini menjadi salah satu program pemerintah untuk masyarakat Indonesia terus maju, ownership-nya pun banyak sehingga terjadi kesetaraan ekonomi dan tercipta adil bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Artinya pemerintah membangun pasar bertujuan untuk memperluas ownership. Salah satu langkah yang dilakukan yaitu dengan cara mendekatkan pasar kepada masyarakat,” ujarnya.

“Kalaulah keuangan negara kita cukup maka setiap kecamatan yang ada di Indonesia ini layak mempunyai satu pasar rakyat. Karena pasar mampu mendekatkan ekonomi kepada rakyat,” terangnya.

Bahkan menurut Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan selain mendekatkan dan meningkatkan ekonomi masyarakat, pasar juga menjadi bagian dari mengembangkan dan melatih Usaha Mikro Kecil Menengah di daerah masing-masing.***

Artikel Terkait

Polisi Gagalkan Penyelundupan Sabu 76 Kilogram dan Ekstasi 41.000 Butir

FTNews, Pekanbaru - Ditres Narkoba Polda Riau mengungkap peredaran narkoba...

Ribuan Pencari Kerja Serbu Riau Job Fair 2024, Tersedia 3.000 Lowongan Kerja

FTNews, Pekanbaru--- Ribuan pencari kerja ramai-ramai menyerbu Riau Job...

Pelaksanaan Program Makan Siang B2SA di Pekanbaru akan Libatkan UMKM Lokal

FTNews--- Pemerintah Kota Pekanbaru siap melaksanakan program makanan bergizi...

Kota Pekanbaru Terima Investasi Rp2,978 Triliun pada Semester Pertama 2024

FTNews, Pekanbaru--- Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu...

Bendungan Pulau Tobek Diresmikan, Sekdaprov: Ini untuk Irigasi Pertanian dan Wisata

FTNews, Kampar--- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, SF Hariyanto...