Menkes Budi: Tiga Provinsi Melebihi Puncak Jumlah Kasus Covid saat Gelombang Delta

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan, DKI Jakarta, Banten dan Bali menjadi provinsi yang kasus harian Covid-19 nya paling tinggi. Salah satu cara yang harus dilakukan masyarakat saat ini ialah dengan memperketat protokol kesehatan.

Lanjut ia menjelaskan untuk kasus harian di DKI Jakarta mencapai 15.800 di mana sebelumnya puncak tertinggi kasus pada gelombang Delta itu sebanyak 14.600. Sementara Banten kasus hariannya 4.800 dan pada saat gelombang Delta itu kasusnya 3.900.

“Provinsi Bali yang jumlah kasusnya sudah 2.000 sedangkan tertinggi di gelombang Delta 1.900,” jelas Budi, Senin (7/2).

Akan tetapi, Budi menyebut, meski jumlah kasus harian saat ini lebih tinggi ketimbang saat gelombang Delta, pasien yang dirawat di rumah sakit maupun kasus meninggal dunia masih relatif rendah. Ia menyebut pasien yang dirawat di rumah sakit pada tiga provinsi tersebut masih pada kisaran 30 sampai 50 persen.

Dengan demikian, Budi meminta masyarakat untuk tidak panik. Karena meski jumlah kasusnya tinggi, namun yang terpenting pasien yang dirawat dan kasus meninggal dunia masih terkendali.

Kemudian tindak lanjut dari tingginya kasus harian di Jakarta, Banten dan Bali itu ialah memperketat prokes. Masyarakat diminta lebih disiplin mengenakan masker maupun mengurangi mobilitas.

“Yang penting untuk provinsi-provinsi yang lagi naik, ya sudah kita perketat prokes, pakai masker dan membatasi mobilitas,” tutupnya.

 

 

 

Artikel Terkait