Menko Luhut: Pesan Anti Vaksin Ganggu Penanganan Covid-19

Forumterkininews.id, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan murka dengan orang-orang yang menyebarkan pesan anti-vaksin. Menurutnya hal ini membuat penanganan pandemic Covid-19 terganggu.

Dikatakan Luhut, orang-orang yang mengajak orang lain untuk tidak divaksin harus bertanggung jawab atas banyaknya korban Covid-19 di Indonesia.

“Saya mohon orang-orang yang menganjurkan jangan vaksinasi, anda itu bertanggung jawab di komunitasmu. Kalau ada orang yang meninggal karena tidak divaksin,” kata Luhut, Senin (7/2).

Menko Marves menegaskan berdasarkan data pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat adalah orang yang belum divaksin.

“Kita bicara pakai data, data menunjukkan itu 69 persen yang berlum divaksin meninggal,” ucapnya.

Luhut merinci, sejak Omicron merebak, sebanyak 69 persen pasien terpapar yang belum melakukan vaksin, meninggal dunia. Kelompok tersebut dari orang yang memiliki penyakit bawaan dan lansia.

“Data menunjukkan 69 persen belum divaksin meninggal di angka terakhir ini. Mayoritas pasien dirawat berat kritis dan meninggal para lansia,” ujarnya, Senin (7/2).

Dia juga meminta para lansia untuk segera lakukan vaksinasi di tempat pelayanan kesehatan terdekat, karena kelompok lansia yang umumnya memiliki komorbid juga menjadi kelompok yang paling banyak dirawat jika terpapar Covid-19.

“Ini betul-betul kami imbau, supaya bapak-ibu sekalian jangan mendengarkan masukan-masukan tak jelas itu, kita bicara data, keselamatan anda dan sekeling anda,” tegas Luhut.

 

 

 

Artikel Terkait

BPBD Ungkap Potensi dan Risiko Megathrust

FT News – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI...

DPR Sahkan UU Kementerian, Jumlah Sesuai Kebutuhan

FT News – DPR RI secara resmi telah mengesahkan...

KPPU Duga Lion Air Group Lakukan Monopoli Harga Tiket Pesawat

FT News – Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) menduga...