Menpora: Contoh Nasi Boks yang Beredar di Medsos untuk Panpel PON bukan Atlet

FTNews — Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo menyatakan, video yang beredar mengenai nasi boks untuk atlet, perlu dikroscek lebih lanjut. “Kami ingin menjelaskan bahwa apa yang beredar di media sosial adalah contoh nasi boks yang resmi untuk PON XXI wilayah Sumut. Ini khusus untuk panpel, LO, dan perangkat pertandingan,” jelasnya.

Hal itu disampaikan Dito saat melakukan inspeksi langsung terhadap pusat pengemasan konsumsi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 di Politeknik Pariwisata Negeri Medan, Sabtu (14/9/2024).

Peninjauan ini bertujuan memastikan bahwa distribusi konsumsi berjalan dengan baik, terutama untuk panitia pelaksana (panpel) dan perangkat pertandingan.

Menpora Dito memaparkan menegaskan, nasi boks yang didistribusikan diperuntukkan hanya bagi panitia dan perangkat pertandingan, bukan untuk atlet. “Kita melakukan tinjauan langsung ke tempat pengemasan dan penataan serta distribusi konsumsi PON XXI Aceh-Sumut. Nasi boks ini hanya untuk panpel dan perangkat pertandingan, bukan atlet,” ujar Menpora Dito dalam keterangan yang dilansir oleh Kemenpora.go.id.

Menpora Dito, yang didampingi Deputi Peningkatan Prestasi Olahraga Surono dan Ketua Harian PB PON Sumut Baharuddin Siagian, juga menyaksikan cara pengemasan serta mencicipi nasi boks tersebut.

Dalam satu boks nasi tersebut, lanjutnya, mengandung sekitar 1.000 kalori, dengan komposisi nasi, daging atau ayam, telur, dan sayur. “Ini jelas bukan untuk atlet. Untuk atlet, konsumsi mereka disediakan secara full board oleh hotel tempat mereka menginap. Mereka mendapatkan sarapan prasmanan, makan siang yang dikirim ke venue, dan makan malam prasmanan lagi di hotel,” tegas Menpora Dito.

Konsumsi untuk atlet, lanjut Menpora, memiliki standar gizi yang lebih tinggi. “Konsumsi untuk atlet mengandung protein yang di-double, dan rasio antara protein dan karbonya sudah dihitung oleh dokter gizi. Jadi, kandungan gizinya juga sudah disesuaikan,” tambahnya.

BACA JUGA:   DPRD DKI Minta Dharma Jaya Siapkan Stok Dading Jelang Ramadan

Terkait video yang beredar mengenai nasi boks untuk atlet, menurutnya perlu dikroscek lebih lanjut. “Video tersebut beredar sehari sebelum pertandingan. Kami langsung mengevaluasi dan memperbaiki situasi tersebut agar sesuai dengan standar yang ditetapkan,” ucapnya.***

Artikel Terkait

Indosat Sukses Hadirkan Pengalaman Digital Selama PON XXI Aceh-Sumut

FT News – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH)...

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...

7 Provinsi di Indonesia Alami Kekeringan Ekstrem, Berikut Daftarnya

FT News - Sebanyak tujuh provinsi di Indonesia mengalami...