November, The Beatles Rilis Lagu Terakhirnya Berkat Bantuan AI

Forumterkininews.id, Jakarta – Band rock asal Inggris The Beatles rilis lagu terakhirnya pekan depan dengan bantuan kecerdasan buatan (AI). Lagu tersebut berjudul “Now and Then”.

Perusahaan rekaman Universal Music Group (UMG) melaporkan hal itu kepada Reuters dalam Antara, Jumat (27/10).

Lagu tersebut akan berisi Lennon dan George Harrison. Selain itu, ada suara Paul McCartney dan Ringo Starr, dua anggota The Beatles yang tersisa.

McCartney mengaku emosional karena semua personil menggarap lagu tersebut. Ia menyebut sebagai rekaman lagu The Beatles yang sejati.

“Saya merasa, menggarap lagu The Beatles dan akan merilis lagu baru yang belum pernah dilantunkan kepada publik tahun 2023 seperti ini adalah hal yang sangat menyenangkan,” kata McCartney.

Starr juga merasa emosional karena The Beatles rilis lagu terakhirnya dan menghadirkan John Lennon dalam ruang rekaman yang sama.

“Lagu ini adalah hal yang paling dekat yang membuat kami dapat merasakan kembali kehadirannya, jadi kami sungguh emosional,” kata Starr.

“Now and Then” awalnya John Lennon garap sebagai rekaman demo (home demo) pada tahun 1970an. Sementara, The Beatles bubar pada tahun 1970.

Sang istri, Yoko Ono lah yang menyerahkan lagu ini pada kepada anggota The Beatles lainnya. Mereka kemudian melengkapi rekaman tersebut dengan suara masing-masing.

UMG mengatakan lagu tersebut akan dirilis secara global pada 2 November pukul 14:00 GMT atau 21:00 WIB.

Artikel Terkait

Wuih, Raffi Ahmad Dapat Gelar Doktor Kehormatan dari Thailand

Raffi Ahmad baru saja mendapat gelar kehormatan dari Thailand....

Bakal Balik Laporkan Temannya, Chikita Meidy: Jangan Ditantang-tantang Lah

Chikita Meidy kecewa dilaporkan teman sekaligus rekan bisnisnya ke...

Dilaporkan Rekan Bisnis, Chikita Meidy Kecewa: Terdengar Lucu Ya

Chikita Meidy kaget dilaporkan atas dugaan kasus pencemaran nama...