Oxford United Klub Erick Thohir Tembus ke Liga Dua Inggris

FTNews – Tidak hanya berhasil membawa Garuda terbang tinggi. Oxford United klub Erick Thohir berhasil menembus kasta kedua liga Inggris. Klub bola yang berasal dari liga tiga Inggris ini promosi ke Divisi Championship Inggris 2024-2025.

Mereka berhasil menandukan Bolton Wanderers 2-0 di final play off League One 2023-2024 di Stadion Wembley, Sabtu (18/5). Keberhasilan tersebut membawa tim ini semakin lebih tinggi lagi.

Pada laga tersebut, Josh Murphy menjadi pemain yang berjasa besar dalam menjebol gawang lawan pada menit ke-31 dan menit ke-42. Hal ini menandakan bahwa tim milik pengusaha asal Indonesia Anindya Bakrie dan Erick Thohir itu lolos ke liga 2.

Pemain tim Oxford United, Josh Murphy. (Foto: Instagram/Josh)

25 tahun menunggu Oxford United menjadi juara!,” terang Erick dalam media sosialnya. Selain itu ia juga memperlihatkan rasa gembiranya dengan berteriak. “Oxford menuju Championship,”  teriaknya.

Sebelumnya klub dengan julukan The Yellows menjadi tim ketiga yang berhasil lolos promosi. Sebelumnya dua tim juara dan runner-up yakni Portsmouth dan Derby County sudah mengamankan posisi terlebih dahulu.

Sehingga menjadi perebutan tim ketiga bagi klub Erick ini untuk memastikan promosi pada musim selanjutnya. Mereka menghadapi  Bolton Wanderers, Peterborough United, dan Barnsley, pada babak play-off tersebut.

Walaupun sebelumnya ia hanya menempati peringkat lima, tetapi keberhasilan saat babak tersebut membuat ia tembus ke kasta kedua Inggris ini. Erick dan Anindya sudah mengakuisisi klub ini sejak 2018 lalu. Sekiranya perjuangan mereka untuk mengembangkan tim tersebut sudah memakan waktu hingga 7 tahun lamanya.

@erick.thohir

25 years of waiting for Oxford United to go Championship! #erickthohir

♬ original sound – Erick Thohir – Erick Thohir

Visi Oxford Kedepannya

Mereka berdua sekiranya menjadi pemilik saham terbesar pada klub tersebut yaitu 51 persen mereka kuasai. Saat ini mereka juga memiliki target baru pada musim depan, dengan membuat pembinaan pemain muda, hingga membangun stadion baru untuk rumah tim tersebut.

Putusan untuk membangun stadion, karena saat ini meeka hanya menyewa sebuah Stadion Kassam hingga 2026. Nantinya kandang yang mereka tempati dapat menampung hingga 18 ribu penonton. Selain itu juga stadion kebanggan tersebut akan berlokasi di Stratfield Brake.

Langkah Anindya juga menginginkan, dengan akuisisi tim di Eropa akan membuat langkah pemain Indonesia dapat berkancah lebih besar lagi.

Artikel Terkait

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...

Viral Plafon Venue Menembak PON XXI Ambruk, Menpora: Akibat Cuaca Buruk

FT News - Kebobrokan kembali muncul dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga...

Anggaran Penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024 Mencapai 3,94 triliun

FT News - Anggaran penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024...

Viral Atap Venue PON Cabor Menembak Ambruk, Warganet: Udah Gak Beres Ini!!

FT News - Video peristiwa ambruknya bangunan venue cabang...