Pakai Roblox, Anak-anak Malaysia Tunjukkan Aksi Bela Palestina

Forumterkininews.id, Jakarta- Sekitar seratus avatar kotak dari mainan Roblox berbaris dan mengibarkan bendera Palestina di sebuah pawai di jalanan Pixel, Malaysia.

Pemimpin server Roblox Malaysia berdiri bersama di panggung untuk memulai pawai. Pawai tersebut merupakan sebuah demonstrasi yang tak terduga melalui permainan anak-anak. Seratus avatar kotak tersebut, merupakan bentuk perwakilan untuk protes demi kebebasan Palestina. Yang saat ini mengalami penyerangan tidak manusiawi oleh Israel.

Mengutip laman Techcrunch, seorang pengguna X (dulunya Twitter) mengetahui adik sepupunya menghadiri protes untuk kebebasan Palestina.

Kids in Malaysia are protesting on Roblox for a Free Palestine #palestine,” tulis pengguna akun @devotedly.yours.

Roblox sendiri merupakan platform permainan daring yang memiliki sistem pembuatan permainan yang memungkinkan pengguna memprogram dan memainkan permainan buatan pengguna lain. Permainan ini sangat populer di kalangan anak-anak. Bentuknya mirip seperti Minecraft.

Sementara itu, percakapan di server yang menampung protes ini tidak terlihat seperti bermusuhan. Beberapa pesan akan disensor dengan tanda pagar, seperti “Yahudi”,”Hamas”,”Bebaskan Palestina” namun untuk alternatif kalimat seperti “Palestina akan merdeka” tidak mengalami penyensoran.

Meskipun ada sensor, troll dapat dengan mudah melewati block tersebut dengan karakter alternatifnya.

“Kami menghargai perdebatan persahabatan tentang isu dan topik yang pentong bagi Robloxian. Namhn, untuk menjaga lingkungan yang beradab dan saling menghormati, kami melarang diskusi atau penggambaran konten politik tertentu,” ungkap Roblox.

Juru bicara Roblox juga mengungkapkan bahwa Standar Komunitas Roblox mengizinkan dalam mengekspresikan solidaritas. Namun tidak mengizinkan konten yang mendukung atau memaafkan kekerasan, mempromosikan terorisme atau kebencian terhadap individu atau kelompok.

“Meskipun Standar Komunitas kami mengizinkan ekspresi solidaritas, kami tidak mengizinkan konten yang mendukung atau memaafkan kekerasan, mempromosikan terorisme atau kebencian terhadap individu atau kelompok, atau seruan untuk mendukung partai politik tertentu,” ungkap juru bicara Roblox yang dikutip dari Techcrunch pada Selasa (31/10).

BACA JUGA:   Pesawat Boeing Terus Bermasalah, Kali Ini Mendarat Tanpa Panel Badan

Di sisi lain, moderasi konten protes politik virtual ini dapat menimbulkan peringatan. Namun, permainan Roblox di tangan anak-anak cukup membuat terharu karena banyak orang yang menunjukkan dukungannya sebanyak mungkin, meskipun tidak bisa pergi demonstrasi secara fisik.

Artikel Terkait

Live Streaming di Indonesia, Youtuber IShowSpeed Sampai Dibikin Nangis!

FT News - Seorang Youtuber asal Amerika Serikat (AS), IShowSpeed,...

Respon Polos Orang Indonesia saat Bertemu Youtuber Speed: Dia Siapa?

FT News - Youtuber Speed atau IShowSpeed sedang berkunjung...

Patch Update Wasteland Storm di Garena Undawn Bakal Hadir 19 September

Garena Undawn akan merilis pembaruan patch update Wasteland Storm...

Cek Nomor HP, Ada Aplikasi Selain GetContact

FT News – Akun Fufufafa semakin ramai diperbincangkan oleh...