Pakar Otomotif Nilai Esemka Harus Sesuai dengan Visi dan Misi Awal

Forumterkininews.id, Jakarta – Esemka harus mampu menghadirkan kendaraan yang mempunyai harga dan konsep merakyat. Hal itu sesuai dengan visi dan misi awal.

Hal tersebut diungkapkan Pakar otomotif dari Institut Teknologi Bandung (ITB) Yannes Martinus Pasaribu.

Sebelumnya, produsen otomotif lokal PT Solo Manufaktur Kreasi atau yang lebih dikenal sebagai Esemka, menggegerkan publik. Mengenai rencana keikutsertaan pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 pada 16-26 di JIEPXO, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Isunya, Esemka akan membawa kendaraan berteknologi baterai atau yang biasa dikenal sebagai kendaraan listrik. Kendaraan itu untuk dipamerkan kepada pengunjung IIMS 2023.

“Karena Esemka pada awalnya berkonsep memproduksi mobil kerakyatan yang berharga terjangkau, apakah mobil listriknya nanti benar-benar akan berharga kerakyatan? apakah kualitasnya tetap dapat comply dengan standar safety internasional? itu hal yang sangat dinantikan,” kata Yannes saat dihubungi melalui pesan singkat di Jakarta, Rabu.

Yannes juga menilai bahwa kehadiran Esemka harus sesuai dengan kaedah awalnya yang akan memberdayakan kualitas pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), UMK, hingga BUMDes untuk ikut serta dalam pembangunan kendaraan yang akan disajikan di pasar Indonesia.

“Pertanyaannya apakah Esemka masih setia dengan visi awalnya dulu? Salah satunya adalah memberdayakan para siswa SMK?,” ucap dia.

Jika benar akan berkomitmen mendukung industri otomotif di Indonesia, Esemka harus memenuhi berbagai persyaratan umum yang memang biasa dilakukan oleh para produsen otomotif.

Artikel Terkait