Pakistan Laporkan Kasus Pertama Cacar Monyet

Forumterkininews.id, Islamabad- Otoritas kesehatan Pakistan telah mengkonfirmasi kasus pertama mpox (cacar monyet) yang ditemukan pada seorang pria Pakistan berusia 25 tahun yang baru saja tiba di Islamabad dari Arab Saudi.

Sajid Shah, seorang pejabat kementerian kesehatan, mengatakan pasien telah dikarantina di sebuah rumah sakit di ibu kota pada 21 April dan pelacakan kontak telah dimulai.

“Belum ada bukti transmisi lokal mpox di Pakistan, dan risiko penyebaran penyakit internasional dari Pakistan tetap rendah,” kata Shah dikutip Al Jazeera.

Dia menambahkan bahwa peringatan telah dikeluarkan ke semua bandara di negara itu dan ke departemen kesehatan provinsi untuk memastikan pengawasan, pelacakan kontak, dan identifikasi cepat kasus yang dicurigai.

Setelah kasus mpox terdeteksi di negara lain, lanjutnya, Pakistan meningkatkan kewaspadaannya di semua bandara internasionalnya dan mengerahkan tim kesehatan.

Diketahui, Menurut WHO, mpox adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus monkeypox. Penyakit ini dapat ditularkan dari hewan yang terinfeksi ke manusia atau dari orang yang terinfeksi ke orang lain melalui kontak dekat dan droplet.

Virus ini dapat menyebabkan ruam yang menyakitkan, demam, sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Artikel Terkait