Pemprov DKI Bangun 196 Km Jalur Sepeda, Termasuk di Atas Trotoar

Forumterkininews.id, Jakarta – Pemerintah Provinsi DKI terus memperluas pembangunan jalur sepeda di Jakarta. Hal ini merupakan salah satu upaya untuk mengurangi kadar polusi dengan mangajak masyarakat menggunakan moda transportasi ramah lingkungan.

Untuk tahun 2022 sendiri Pemprov DKI Jakarta menargetkan pembangunan jalur sepeda sepanjang 196,45 kilometer. Dimana panjang ini terbagi menjadi dua.

Untuk jalur sepeda yang masih sharing jalan dengan pengendara lain yakni 154,73 kilometer. Artinya di jalur ini hanya dibuat cat yang bertulisakan “Jalur seperda” dan gambar sepeda dengan background cat warna hijau.

Kemudian jalur sepeda yang terproteksi akan dibangun sepanjang 40,06 Km. Dimana nantinya jalur sepeda ini akan memiliki pembatas, baik itu berupa besi, MCB ataupun beton. Jalur sepeda seperti ini sudah ada di kawasan Jalan Jenderal Sudirman menuju Bundaran HI.

Kemudian yang terkai adalah jalur sepeda di atas trotoar. Jalur sepeda jenis ini akan dibangun sepanjang 1,67 kilometer.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, pembangunan ini merupakan kegiatan strategis daerah (KSD).

Pasalnya menurut Syafrin, saat ini di Jakarta sudah terjadi perubahan paragima dalam bertransportasi. Pemprov DKI berupaya menempatan kendaraan ramah lingkungan seperti sepeda sebagai prioritas kedua setelah pejalan kaki.

Lebih lanjut Syafrin mengatakan, mayoritas pembangunan jalur sepeda adalah yang berbagi. Dimana pesepeda akan berbagi jalan dengan pengendara motor maupun mobil. Untuk itu dirinya menyampaikan permintaan kepada para pengendara motor dan mobil untuk lebih aware terhadap kondisi jalan yang makin mengecil.

“Ini upaya kita juga untuk mengurangi polusi udara yang ditargetkan pemerintah untuk bisa turun setiap tahunnya,” ujar Syafrin.

Terakhir untuk pesepeda, Syafrin meminta agar berhati-hati saat melintas di jalur yang berbarengan dengan pengendara lain.

Artikel Terkait