Persija Jadi Magnet dalam Pemilihan Gubernur Jakarta, Pakar: Potensi Pemilih Luar Biasa

FTNews – Pada perhelatan Pemilihan Gubernur Jakarta 2024, ketiga pasangan calon menaruh perhatian kepada Persija dan The Jakmania.

Pasangan calon Ridwan Kamil-Suswono berencana memberikan dukungan penuh ke Persija dan The Jakmania.

Sementara, Pramono Anung-Rano Karno akan memprioritaskan Persija dan menjadikan Jakarta Internasional Stadion (JIS) homebase Persija. Lalu, Dhama Pongrekun-Kun Wardana akan menggariskan JIS.

Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta Ridwan Kamil-Suswono, di DPP Partai Gerindra, pada Jumat (23/8/2024) (Foto: FTNews / Adinda Ratna Safira)

Pemberian atensi khusus pada Persija dan The Jakmania tidak terlepas dari banyaknya jumlah massa pendukung sepak bola Jakarta.

“Dalam konteks pemilih itu jadi magnet bagi kandidat karena jumlahnya besar, solid, dan banyak. Itu jadi potensi pemilih yang luar biasa bagi ketiga calon,” ujar Pengamat Politik Indonesia Political Review Ujang Komarudin kepada FTNews, Jumat (6/9).

Sepak bola seakan terseret dalam kontentasi pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Ujang menilai hal ini menjadi wajar, karena potensi jumlah pemilih yang besar.

Mantan Gubernur Jakarta Fauzi Bowo menyambut kedatangan Pramono Anung dan Ramo Karno di Museum M.H Thamrin, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (3/9). [FTNews / Muhamad Nur Alfiyan]
“Jadi di banyak daerah di mana pun, supporter sepak bola menjadi target, bisa direkrut agar bisa dekat dan bisa jadi pemilihnya,”

Pasangan independen Dharma Pongrekun-Kun Wardana di Gedung KPU Provinsi DKI Jakarta, pada Kamis (29/8/2024) (Foto: FTNews / Adinda)

Sebelumnya, Ridwan Kamil berencana mengajak The Jakmania untuk berdiskusi.

Namun demikian, calon gubernur yang diusung 13 partai dala Koalisi Jakarta Maju ini memahami resistensi penduduk Persija pada dirinya yang merupakan warga Jawa Barat.

“Tapi poinnya di kesempatan pertama, jika itu ada pasti akan saya lakukan, karena bukan dispesialkan, semua yang saya datangi adalah sumber pembelajaran untuk calon Gubernur,” ujarnya kepada wartawan saat Makan Siang bareng Media Jakarta di Kawangan Raden Saleh, Jakarta Pusat, Kamis (5/9).

Ajakan diskusi ini juga sebagai cara dirinya bersilaturahmi untuk menyerap aspirasi masyarakat Jakarta.

“Sebagai orang baru saya tahu diri pengetahuan masih minim, sehingga diperbanyak silahturahmi untuk mengetahui apa sih harapan aspirasi masyarakat,” imbuhnya.

Artikel Terkait