Pilkada Jatim 2024 “Dikeroyok Srikandi”

FT News – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Timur 2024 memastikan adanya pertarungan tiga bakal pasangan calon (paslon) yang mana semuanya adalah “Srikandi” atau perempuan.

Ketiga pasangan calon itu adalah Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak, Luluk Nur Hamidah-Lukmanul Khakim dan Tri Rismaharini-Zahrul Azhar Asumta.

Pasangan Khofifah dan Emil Dardak diusung oleh koalisi gemuk dengan belasan partai yaitu PAN, Golkar, Demokrat, Gerindra, PPP, PKS, PSI, Perindo, Nasdem, Partai Buruh, PBB, PKN, Partai Garuda dan Partai Gelora.

Diketahui pasangan Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak merupakan petahana (incumbent) Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur. Khofifah dan Emil Dardak telah resmi mendaftar sebagai bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur ke KPU Jatim pada Rabu (28/08/2024).

Petahana dalam Pilgub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak mendaftar ke KPU Jawa Timur

Pasangan yang menantang petahana itu adalah Tri Rismaharini dan Zahrul Azhar Asumta. Pasangan ini hanya didukung oleh PDIP yang berada di peringkat kedua perolehan suara terbanyak di Jatim pada Pemilu 2024.

Penantang lainnya adalah Luluk Nur Hamidah yang menggandeng Lukmanul Khakim. Keduanya merupakan politikus partai yang sama yaitu PKB. PKB sendiri merupakan partai pemenang pemilu legislatif 2024 di Jawa Timur. Sementara baik Luluk maupun Lukmanul merupakan anggota DPR.

Kedua pasangan penantang petahana ini mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Timur pada Kamis (29/08/2024) tepatnya pada hari terakhir sebelum ditutupnya pendaftaran.

Pasangan Luluk Nur Hamidah dan Lukmanul Khakim selesai menjalani tes kesehatan untuk Pilkada Jawa Timur 2024. (Foto: Istimewa)

Sosok “Srikandi” dalam Pilkada Jawa Timur tidak hanya muncul di pemilihan Gubernur. Akan tetapi juga di Kabupaten/Kota.

Nama Kris Dayanti yang menggandeng Kresna Dewanata Phrosakh telah mendaftar sebagai pasangan calon kepala daerah Kota Batu di KPU Kota Batu, Jawa Timur pada Rabu (28/08/2024).

Pasangan ini diusung oleh PDIP, Nasdem dna partai koalisi non parlemen di DPRD Kota Batu yaitu PBB, Perindo, Partai Hanura, Partai Ummat, Partai Gelora, PPP, PKN, Partai Garuda dan Partai Buruh.

BACA JUGA:   Krisdayanti Berencana Rilis Mini Album Berisi Tiga Lagu
Pasangan Krisdayanti dan Kresna Dewanata Phrosakh saat mendaftar ke KPUD Kota Batu. (Foto: Istimewa)

Sementara penantangnya adalah pasangan Firhando Gumilar dan Haji Rudi yang diusung oleh Partai Golkar, PAN, Demokrat dan PKS. Pasangan penantang lainnya adalah Nurochman dan Heli Suyanto yang diusung PKB dan juga telah resmi mendaftar di Pilwakot Kota Batu.

Artikel Terkait