Polda Siagakan 900 Personel Amankan Opening Ceremony PON 2024 di Sumut

FT News – Sebanyak 900 personel disiagakan Polda Sumatera Utara (Sumut) untuk memastikan situasi keamanan di Stadion Baharoedin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deliserdang yang menjadi tempat pembukaan (Opening Ceremony) kegiatan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 di Sumatera Utara (Sumut), Senin (9/9/2024) malam tetap aman.

Ratusan personel yang disiagakan Polda Sumut itu dibagi dalam tiga ring. Yakni ring satu berada di dalam stadion, ring dua di luar stadion dan ring tiga pengawalan serta pengamanan jalur.

Kapolda Sumut, Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto melalui Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi mengatakan, lebih kurang sebanyak 6 ribu orang akan memadati Stadion Baharoedin Siregar dalam acara Opening Ceremony PON 2024 di Kabupaten Deliserdang.

Kapolda Sumut Irjen Pol Whisnu Hermawan Februanto saat Apel Gelar Pasukan Harta Toba 2024 dalam rangka pengamanna PON XXI Aceh Sumut. (Dok. Polda Sumut)

“Untuk menjamin keamanan serta seluruh rangkaian kegiatan Polda Sumut telah menempatkan 900 personel melaksanakan pengamanan di stadion,” kata Kombes Hadi, Senin (9/9/2024).

Ia mengungkapkan, pengamanan yang dilaksanakan ini, dalam rangka Operasi Kepolisian Hatra Toba 2024 selama berlangsungnya PON 2024. “Tujuannya, untuk memberikan rasa aman dan nyaman masyarakat, panitia, atlet, official serta pengunjung,” papar Hadi.

Gelar pasukan Hatra Toba dalam rangka berlangsungnya PON 2024.(Dok. Polda Sumut)

Pelaksanaan PON 2024 digelar dengan mempertandingkan 34 cabang olahraga yang diadakan di 10 kabupaten kota di Sumatera Utara. Sedangkan wilayah pengamanan ada 11 polres jajaran Polda Sumut.

“Secara umum kami siap mengamankan PON 2024 karena memang ini menjadi tugas pokok. Terima kasih kepada unsur TNI dan Pemda yang begitu intens untuk membackup kegiatan pengamanan tersebut,” pungkasnya.

Artikel Terkait