Polisi Sebut Dua Pelaku Pungli Resahkan Sopir Truk di Jakarta Barat Positif Narkoba

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi menyebutkan bahwa dua pelaku pungli yang melakukan pemalakan terhadap sopir truk di persimpangan Jalan Kayu Besar, Cengkareng, Jakarta Barat, pada Rabu (25/1) sore, positif menggunakan narkoba.

Kapolsek Cengkareng, Kompol Ardhie Demastyo mengatakan keduanya merupakan Saipul Hidayat (33) dan Iqfal Febriana (31).

“Yang dua (pelaku) ini kita cek urin positif pakai narkoba,” kata Ardhie, saat diminta keterangan, pada Kamis (26/1).

Lebih lanjut itu saat ini keduanya dilakukan penahanan di Polsek Cengkareng untuk diminta keterangan lebih lanjut.

Sementara itu saat ini pihaknya masih melakukan pencarian terhadap dua pelaku lainnya yang diduga kabur.

“Saat ini kita berhasil amankan dua pelaku, dua lagi kabur masih kita cari,” ucap Ardhie.

Sebelumnya, sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi polisi yang mengamankan dua pria di persimpangan Jalan Kayu Besar, Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (25/1) sore. Kedua pria tersebut diduga pelaku pungutan liar (pungli).

Dalam video yang diunggah oleh akun instagram @lensa_berita_jakarta tampak dua pria diduga preman diringkus oleh tim kepolisian. Kemudian dua pria tersebut disekap empat orang anggota kepolisian agar tidak melarikan diri. Pelaku pungli tersebut juga terdengar teriak histeris saat ditangkap.

Penangkapan ini juga menjadi tontonan pengendara yang melintas di jalan tersebut. Bahkan beberapa orang juga sempat mengabadikan momen tersebut.

Menanggapi hal ini, Kapolsek Cengkareng, Kompol Ardhie Demastyo mengatakan penangkapan ini berawal saat adanya laporan dari sopir truk mengenai pungli.

“Awalnya ya itu laporan dari para sopir truk khususnya pelat nomor luar Jakarta dimintain duit Rp200 ribu,” ucap Ardhie, saat diminta keterangan, pada Kamis (26/1).

Selanjutnya pihak kepolisian menindaklanjuti dengan cara tim kepolisian bekerja sama dengan sopir truk untuk ikut naik dalam kendaraannya.

BACA JUGA:   Polisi Selidiki Pelaku Pembuang Mayat Bayi di Kali Srengseng Sawah Jaksel

“Awalnya kita patroli antisipasi kejahatan jalan, tapi pasa saat di Polsek ada laporan dari sopir truk akhirnya langsung ke TKP, jadi bareng naik sama supir truknya ke lokasi,” kata Ardhie.

Kemudian saat tiba di lokasi polisi meringkus dua dari empat pelaku yakni Saipul Hidayat (33) dan Iqfal Febriana (31).

Selain mengamankan para pelaku, pihaknya juga menyita barang bukti uang uang hasil pemerasan sekitar Rp 350 ribu.

Artikel Terkait