Potret Mama Ghufron Muda: Sejak Kecil Tak Dapat ASI, Pernah Foto Bareng Tito Karnavian dan Hadi Tjahjanto

FTNews –  Sosok Kiai Haji Muhammad Abdul Ghufron al-Bantani, atau lebih dikenal sebagai Mama Ghufron tengah jadi sorotan publik. Hal ini lantaran Pengasuh Ponpes Uniq Nusantara Pancasila itu kerap lontarkan isi ceramah cukup kontroversial.

Ia misalnya sempat mengaku bisa berbicara dengan malaikat. Dalam video yang kemudian diketahui dipotong-potong sejumlah pihak, Ghufron mengaku bisa bicara dengan malaikat Izrail, munkar nakir yang menanyai di alam kubur.

Mama Ghufron juga mengaku bisa berbahasa semut. Tak hanya bahasa semut, ia juga mengatakan bisa bahasa jin.

Potongan ceramahnya yang mengaku bisa berbahasa semut, Bahasa Suryani, hingga bahasa jin viral dan diunggah sejumlah akun sosial media.

@fanatismemematikanlogika

BAHASA SEMUT 🐜 VERSI MAMA GHUFRON 😁 #ghufron #mamaghufron #lucu #ngakak #bahasasuryani #fyp #viral

♬ suara asli – Halu Isme – FML Channel

Salah satu video itu diunggah di akun TikTok @fanatismemematikanlogika.

Video itu menampilkan Mama Ghufron yang menyebut bahwa dirinya mampu berkomunikasi dengan semut. Viralnya Mama Ghufron di media sosial pun sontak mengundang rasa penasaran publik.

“Makanya ditanya semut, ini bahasa semut. Bismillahirrahmanirrahim ashkoli inakali yama kali inaka Ghufron artihi inaya inaka kaliya kali fima Allah. Apakah saya didoakan nggak Ghufron, ya jelas lah!” tulis akun tersebut.

Kekinian Mama Ghufron sudah menyampaikan permintaan maaf kepada publik atas potongan video ceramahnya yang viral.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) ikut mengomentari fenomena Mama Ghufron yang mengaku bisa bahasa semut, cacing jin, hingga video call malaikat.

“Ada statement yang menyatakan video call dengan malaikat maut. Gimana caranya? Di sini sudah tidak berdasar sama sekali apa yang diucapkan,” kata KH Cholil Nafis, Ketua MUI Bidang Dakwah dan Ukhuwah, dalam sebuah pernyataan yang diunggah di akun Instagram resmi MUI Pusat.

Potret Mama Ghufron Muda: Sejak Kecil Tak Dapat ASI, Pernah Foto Bareng Tito Karnavian dan Hadi Tjahjanto [Ist]

Iyus Sugirman begitu nama asli dari Mama Ghufron. Dikutip dari laman Ponpes Uniq Nusantara, Ghufron adalah putra kedua dari pasangan suami istri, H. Endang Mustofa dan Hj. Suntari.

Mama Ghufron sejak kecil tidak pernah mendapat air susu ibu, karena kondisi kesehatan ibunya.

“Karena memang ibunda pada saat itu sedang dalam keadaan sakit parah, sehingga di asuh oleh neneknya yang bernama Ibu Iyah,” tulis halaman Ponpes Uniq Nusantara.

Dalam biografi Mama Ghufron, terdapat sejumlah foto dirinya bersama dengan tokoh publik seperti Mendagri Tito Karnavian dan Hadi Tjahjanto, Menkopolhukam.

Diketahui di foto itu, Tito dan Hadi masih bertugas sebagai Kapolri dan Panglima TNI.

Mama Ghufron diketahui memiliki Pondok Pesantren (Ponpes) UNIQ Nusantara yang berada di Desa Pamotan, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Ponpes UNIQ Nusantara ini juga memiliki cabang di Bandung dan Jakarta.

Artikel Terkait

Hasil Survei: Khofifah-Emil Unggul di Pilkada Jatim

FT News – Lembaga Survei Poltracking Indonesia merilis survei...

NPWP Bocor, Jokowi: Terjadi Juga di Negara Lain

FT News – Presiden Joko Widodo (Jokowi) merespons dugaan...

Balas Istana, PDIP: Jet Pribadi, Itu Perjalanan Kebangsaan

FT News – Ketua DPP PDI Perjuangan, Said Abdullah...