Puluhan Warga di Cianjur Keracunan Massal, Satu Meninggal Dunia

FTNews - Sedikitnya 51 Warga Kampung Cukang Galeuh, Desa Cibodas Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur mengalami keracunan massal setelah menyantap hidangan dalam acara pernikahan, Sabtu (20/4).

Dalam peristiwa tersebut satu warga meninggal dunia diduga karena terlambat mendapat penanganan medis.

“Kami mendapat laporan terkait keracunan masal sudah terjadi sejak Sabtu (21/4) setelah warga menyantap hidangan di acara pernikahan, namun pada Minggu (21/4) pagi jumlahnya terus bertambah,” kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Cianjur dr Frida Laila Yahya kepada awak media, Minggu (21/4).

Tercatat ada 35 orang yang mengalami keracunan ringan menjalani perawatan di rumahnya masing-masing, sedangkan 16 lainnya menjalani perawatan di Puskesmas Cijati.

Ia mengemukakan sebagian besar korban mengeluhkan pusing, mual dan muntah-muntah. Kondisi tersebut terjadi tak lama setelah menyantap hidangan prasmanan di pesta pernikahan seorang warga.

“Minggu pagi jumlah warga yang mengalami keracunan terus bertambah, sehingga kami mengirim petugas ke lokasi untuk mengambil sampel makanan atau muntah warga guna memastikan penyebab keracunan massal itu,” katanya.

Saat ini, petugas membawa sampel makanan yang diduga menjadi penyebab keracunan massal.

“Untuk warga yang meninggal karena belum sempat dibawa ke tenaga kesehatan atau ke puskesmas, sehingga pihak keluarga tidak menduga kalau korban meninggal karena keracunan,” katanya.

Artikel Terkait

BNPB Minta Masyarakat dan Pemda tak Berlebihan Menyikapi Isu Megathrust

FTNews, Pangandaran--- Deputi Bidang Logistik dan Peralatan Badan Nasional ...

Berharap DPD RI Dukung Bandara Husein Kembali Melayani Penerbangan Internasional

FTNews-- Keinginan Pemkot Bandung agar Bandara Husein Sastranegara direaktivasi ...