Ratna Sarumpaet Viral Lagi, Kini Kena Tegur Pecalang karena Keluar Saat Nyepi di Bali

FTNews – Aktivis Ratna Sarumpaet kembali viral. Bukan soal aksi demontrasi antipemerintah, tapi Ratna Sarumpaet kena tegur pecalang lantaran keluar penginapan saat Perayaan Nyepi di Bali, Senin (11/3).

Video tersebut viral di media sosial Instagram pada akun denpasarcerita. Meski akun tersebut tidak secara eksplisit menyebut nama Ratna Sarumpaet, tapi terlihat jelas dalam foto, yakni Ratna Sarumpaet menaiki mobil pelat B.

“Terpantau sebuah mobil ber plat B keluar saat nyepi di daerah Tibubeneng Tandeg Badung. Semoga bisa diatensi oleh keamanan setempat,” tulis akun tersebut.

Menurut Bendesa Adat Tandeg I Wayan Wartana, Ratna beralasan keluar vila tempatnya menginap untuk pergi ke ATM.

Tak hanya itu, Ratna juga beralasan kalau dirinya salah tanggal. Ia mengira perayaan Nyepi jatuh pada 9 Maret 2024.

“Ketika itu, ia hendak pergi ke ATM. Ia mengaku salah tanggal dikira Nyepi tanggal 9 kemarin,” ujar I Wayan Wartana kepada wartawan, Senin (11/3).

Aktivis Ratna Sarumpaet kena tegur pecalang karena keluar saat Hari Raya Nyepi di Bali. (Akun IG denpasarcerita)

Masih menurut Wartana, usai mendapat teguran dari pecalang, Ratna dan sopir langsung bergegas kembali ke vila tanpa protes atau keberatan.

“Pecalang tadi hanya memberikan teguran secara persuasif agar beliau kembali ke vilanya.”

“Kami juga sudah melakukan antisipasi dengan desa adat lain Desa Canggu dan Berawa agar beliau tak kemana-mana dan kembali ke villanya,” katanya.

Untuk diketahui, selama perayaan Nyepi di Bali, seluruh aktivitas yang berkaitan di luar rumah dihentikan.

Bahkan, layanan internet, saluran televisi hingga radio mati selama 24 jam.

Hal serupa juga berlaku untuk aktivitas penerbangan di bandara hingga operasional pelabuhan. Untuk layanan publik, hanya rumah sakit yang masih diperbolehkan beroperasi.

Artikel Terkait