Ratusan Kendaraan Listrik Disediakan untuk Pengawalan Delegasi KTT G20

Forumterkininews.id, Jakarta – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengecek persiapan alutsista yang digunakan untuk pengamanan puncak Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Denpasar, Bali, Senin.

Jenderal Andika Perkasa saat memimpin Apel Gelar Pasukan mengatakan, kendaraan listrik diperlukan untuk mendukung perhelatan puncak presidensi G20 pada 15-16 November 2022 sudah siap. Hal ini juga menunjukkan komitmen Indonesia untuk mengedepankan zero emission.

“Mulai hari ini Selasa (8/11), saya bersama Kapolri akan running melakukan pengecekan akhir terkait seluruh sistem pengamanannya,” ujar Jenderal Andikan.

Menurutnya, dalam pengamanan VVIP, TNI menggunakan Kendaraan Listrik Berbasis Baterai (KLBB). Hal ini sebagai wujud komitmen Indonesia terhadap perubahan iklim, menuju energi berkelanjutan. Serta mengelola transisi energi sampai “net zero emission” yang menjadi target tahun 2060.

Adapun KLBB yang akan digunakan untuk menunjang akomodasi para delegasi KTT G20, sebanyak 252 unit kendaraan listrik yang terdiri dari 42 unit mobil listrik. Yaitu 12 unit tipe Hyundai Ioniq, 30 unit tipe Hyundai Ioniq Five. Dimana kendaraan ini diproduksi tahun 2022 dari Korea Selatan. Sedangkan untuk motor ada 126 unit motor kawal dan 84 unit motor penyelamatan. Dimana pada motor penyelamatan dilengkapi helm, jaket, celana, sepatu, dan sarung tangan produksi Amerika Serikat tahun 2022.

Artikel Terkait