Sah Jadi Naturalisasi Ragnar dan Haye Bela Timnas Indonesia

FTNews – Setelah ramai perdebatan mengenai naturalisasi Indonesia, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang tidak ada kejelasan di media sosial, kini keduanya sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Baik Ragnar dan Haye sudah melewati tahap akhir yakni pengucapan sumpah menjadi WNI.

Keduanya melakukan pengambilan sumpah dan janji setia menjadi WNI di Kantor Wilayah  Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (18/3).

Thom Haye mengambil pengucapan sumpah tersebut, setelah melewati pengurusan surat yang cukup panjang. Dan sebelumnya ia juga melakoni pertandingan dahulu bersama tim Heerenveen.

Naturalisasi Indonesia, Thom Haye seusai ucap sumpah. (Foto: PSSI)

“Setelah proses yang panjang akhirnya selesai. Saya senang. Proses 24 jam. Setelah saya main (bersama Heerenveen). Saya langsung ke bandara. Saya terbang 18 jam (ke Indonesia). Kemudian saya ke sini dan selesai sekarang,” ujarnya dalam PSSI.

Selain itu, Haye juga menyatakan rasa senangnya sudah dapat menjadi WNI dengan seutuhnya dan secara sah sesuai undang-undang yang ada.

“Saya senang dan terima kasih atas dukungannya (kepada pendukung Timnas Indonesia dan semua pihak). Saya berharap bisa berkontribusi untuk kemajuan Timnas Indonesia, ” tambahnya.

Siap Bawa Indonesia di Kancah Dunia

Bahkan rekannya, Ragnar Oratmangoen tidak sabar untuk segera berkontribusi kepada Garuda. Serta membawa nama baik Indonesia dalam sepak bola dunia.

Naturalisasi Indonesia, Ragnar Oratmangoen. (Foto: PSSI)

“Saya sangat senang. Saya mengambil sumpah dan itu benar-benar terjadi. Saya ingin mencapai Piala Dunia tentunya (bersama Timnas Indonesia). Bisa membantu tim yang dihuni pemain muda,” tuturnya.

Sebelumnya keduanya menjadi perbincangan hangat pada media sosial. Pasalnya proses yang mereka jalani memakan waktu, dan menghambat keikutsertaan mereka dalam Kualifikasi Piala Dunia Zona Asia 2026 melawan Vietnam laga pertama.

BACA JUGA:   Terus Bersaing, Persija Datangakan Pemain Arema, Persib Datangkan Pemain Persebaya
Foto bersama seusai pengambilan ucap sumpah dan janji setia pewarganegaraan Republik Indonesia di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) DKI Jakarta, Senin (18/1). (Foto: PSSI)

Indonesia akan melakoni laga pertama melawan Vietnam, pada Kamis (21/3) di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Jakarta.

Keduanya akan diupayakan hadir dalam laga selanjutnya melawan Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Selasa (26/3).

Artikel Terkait

PON XXI Kembali Bermasalah, Kini Kaca Venue Basket Pecah

FT News - Rentetan permasalahan sudah terjadi sepanjang penyelenggaraan Pekan...

Kena Tinju IShowSpeed, Seorang Fans Lionel Messi Ini Berubah Pikiran

FT News - Saat ini, seorang Youtuber IShowSpeed sedang mengunjungi...

Mengenal Lebih Jauh Olahraga Padel

FT News - Olahraga Padel memang masih asing di...