Sambut HUT RI, Pemkot Pekalongan Gelar Lomba Hias Gapura Antarkelurahan

Forumterkininews.id, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan menggelar lomba menghias gapura antar kelurahan dengan tema “Pekalongan Rahat”. Lomba ini diadakan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia. 

“Makna dari tema yang diusung yaitu semangat gotong royong dan semangat nasionalisme menyambut HUT RI dengan menyelaraskan nilai-nilai lokal dan kegotongroyongan,” Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Kota Pekalongan Soesilo, dikutip dari Antara, Sabtu (30/7).

Lebih lanjut ia mengatakan surat edaran perihal lomba menghiasi gapura sudah disebar di kelurahan dan pendaftaran akan dilakukan mulai 1 Agustus 2022.

“Nantinya masing-masing kelurahan dapat mewakilkan satu gapura untuk dilombakan. Sehingga pada tanggal yang telah ditetapkan, kemudian disampaikan deskripsi, narasi, dan lokasinya yang akan dilombakan,”

Penilaian lomba menghias gapura dilakukan 14-17 Agustus 2022 dengan pengambilan foto. Kemudian pada 17 Agustus 2022 akan diumumkan pemenangnya.

Pemenang pertama lomba menghiasi gapura ini akan mendapat hadiah Rp10 juta. Selanjutnya pemenang kedua Rp7 juta, ketiga Rp5 juta. Sementara untuk juara harapan satu Rp3 juta, harapan dua, Rp2,5 juta, dan harapan tiga Rp2 juta.

“Kriteria penilaiannya yaitu semangat gotong royong para warga, keaslian, keunikan dan kreativitas, unsur keindonesiaan,serta lainnya,” katanya.

Terkait hal ini ia mengajak masyarakat memanfaatkan lomba ini dengan menggali ide kreatif. Kemudian membangkitkan gotong royong warga untuk menyambut semangat HUT Kemerdekaan RI.

“Kami berharap lomba gapura berjalan lancar dan dapat memeriahkan HUT RI, melestarikan tradisi dan nilai kedaerahan, membangkitkan gotong royong, persatuan, serta semangat nasionalisme warga Kota Pekalongan,” katanya.

Artikel Terkait