Satu Keluarga Tewas di Kalideres, Polisi Jadikan Buku Sebagai Barang Bukti

Forumterkininews.id, Jakarta – Polisi terus menyelidiki sejumlah barang bukti yang ditemukan didalam rumah korban sekeluarga yang tewas di Perumahan Citra Garden, Kalideres, Jakarta Barat, pada Kamis (10/11). Hal ini untuk mengetahui penyebab kematian keluarga ini.

Banyak dugaan penyebab kematian keluarga ini diantaranya adalah mengenai kelaparan dan menganut salah satu paham tertentu.

Kanit Reserse Kriminal Umum Polres Metro Jakarta Barat AKP Avrilendy mengungkapkan, salah satu barang bukti yang ditemukan yaitu sejumlah buku. Terkait hal ini semua buku yang ditemukan tidak berkaitan dengan sekte tertentu.

“Buku-buku ada tapi ga ada sekte sekte. masih dipelajari. Bukan sekte kok buku biasa,” kata Avrielndy, dalam keterangannya, Selasa (15/11).

Lebih lanjut ia mengatakan pihaknya akan terus mendalami barang yang didapatkan di dalam rumah tersebut.

“Ya pokoknya barang-barang yang ada disitu kita ambil semua untuk dipelajari,” ucap Avrielndy.

Sementara itu, Kriminolog Universitas Indonesia Adrianus Meliala mengatakan terdapat dua teori yang berkaitan dengan kasus tewasnya satu keluarga di Kalideres.

“Yang pertama yaitu kemungkinan sebagian dari mereka, khususnya yang lansia, tidak kelaparan, tapi dilaparkan. Mereka tidak diberi makan sampai mati. Keempatnya kemudian bunuh diri dengan cara tertentu yang bisa terlihat melalui otopsi,” kata Andrianus, dalam keterangannya, Selasa (15/11).

Lebih lanjut ia mengatakan teori yang kedua yaitu keempatnya adalah penganut keyakinan menyimpang tentang hidup setelah mati. Terkait hal ini tindakan melaparkan diri adalah bagian untuk mencapai kesempurnaan hidup.

Sementara itu ia mengatakan dari kedua teori yang diungkap, menurutnya hal yang paling masuk akal adalah teori kedua.

“Teori kedua yang benar, jadi mungkin mereka punya keyakinan kepercayaan yang agak beda, sehingga itu ada sebuah tindakan yang disengaja boleh dibilang begitu,” ujar Andiranus dia.

BACA JUGA:   Ratusan Personel Polri Dikirim ke Lokasi Gempa Cianjur, Fokus Evakuasi Korban

Adapun hal yang mendukung teorinya yaitu ketika pihak kepolisian menyita sebuah buku dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) di lokasi tewasnya keempat orang tersebut.

“Itu memang kelompok kecil yang punya keyakinan khas mengenai hidup setelah mati lah begitu, yang saya sebut apokaliptik itu,” ucap Andrianus.

Artikel Terkait

Saat Banjir Rob Melanda, Remaja di Belawan Malah Tawuran

FT News - Meski banjir rob melanda kawasan pesisir...

Jabar Sukses Capai Target Juara Umum, Ini Daerah-daerah yang Naik dan Melorot di PON XXI

FTNews--- Jelang penutupan posisi Jawa Barat (Jabar) sebagai ‘jagoan’...

Tersangka Sempat Beli Gorengan Sebelum Perkosa-Bunuh Gadis Penjual Gorengan

FT News - Polisi mengungkap kronologi pemerkosaan dan pembunuhan...

Edarkan Ganja, Pria Paruh Baya di Langkat Dicokok Polisi

FT News - Polisi menangkap seorang pengedar narkoba jenis...