Satu Pelaku Pungli Sopir Bus di Thamrin City Ditangkap

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan sopir bus terkena pungutan liar (Pungli) oleh seorang pria di Thamrin City, Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Sabtu (21/10) kemarin.

Pada video yang diunggah akun TikTok @kangayipeuy, tampak pemalak yang ada di samping kaca sopir, tengah memberhentikan jalannya bis sambil melancarkan aksinya.

Kemudian pria pemalak tersebut terlihat memberikan selembar kertas yang diduga merupakan bukti untuk menarik tarif ke sopir bus.

“Apakah ini retribusi resmi, kami sudah bayar parkir dan keamanan Thamrin City ke security Rp 150 ribu 1 bus. Pas masuk diminta Rp 20 ribu oleh orang berpakaian sipil dan pulangnya diminta lagi. Padahal ini jalanan umum siapa saja bisa lewat,” tulis keterangan dalam video.

Sementara itu, ada dugaan pelaku lainnya mencoba masuk melalui pintu penumpang. Namun hal ini berhasil dicegah oleh petugas keamanan dan bis kembali melanjutkan perjalanan.

Menanggapi hal ini, Kanit Reskrim Polsek Tanah Abang, Kompol Muhammad Kukuh Islami mengatakan pihaknya telah mengamankan satu dari tiga pelaku yang terekam dalam video tersebut.

“Kalau pelaporan dari korban belum ada , kita menindaklanjuti yang viral itu sudah indikasi 3 orang, baru 1 orang kami amankan,” kata Kukuh, saat dimintai keterangan, pada Minggu (22/10).

Lebih lanjut, pelaku yang diamankan berinisial S (33). Ia  berhasil diringkus di daerah Thamrin, Jakarta Pusat, pada Sabtu (21/10) malam.

“(Pelaku diamankan) Semalam, di daerah Thamrin. Kita amankan di pinggir jalan,” tukas Kukuh.

Kukuh menambahkan saat ini pihaknya masih melakukan proses pencarian terhadap pelaku lainnya. Ia mengimbau masyarakat yang menjadi korban pemerasan agar segera melapor ke Polsek terdekat untuk ditindaklanjuti.

“Kita masih proses pencarian (pelaku lainnya). Saran dari kepolisian jika merasa menjadi korban pemerasan atau apa silakan melapor ke Polsek Tanah Abang.  Biar kita bisa menjerat para pelaku itu,” papar Kukuh.

Artikel Terkait