Sebanyak 19 Saksi Diperiksa Soal Dugaan Pemerasan Pimpinan KPK ke SYL

Forumterkininews.id, Jakarta – Sebanyak 19 saksi mulai dari Kapolrestabes Semarang, Kombes Irwan Anwar hingga ajudan Ketua KPK, Kevin Egananta diperiksa terkait dugaan pemerasan pimpinan KPK ke eks Mentan RI, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Pemeriksaan berlangsung di Mapolda Metro Jaya, pada Rabu (18/10) hari ini.

“Pada rencana kegiatan pemeriksaan hari ini, di mana penyidik telah memanggil 19 orang saksi untuk dimintai keterangan,” kata Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak, di Mapolda Metro Jaya, pada Rabu (18/10).

Lebih lanjut Ade Safri menuturkan, dalam pemanggilan pemeriksaan hari ini, sebanyak 16 saksi telah memenuhi panggilan.

“16 orang di antaranya telah hadir, 1 di antaranya sudah selesai yang merupakan eks Wakil Ketua KPK RI periode 2007-2011. Beliau hadir 10.30 WIB dan telah selesai memberikan keterangannya sampai dengan pukul 13.30 WIB,” ucap Ade Safri.

Sementara itu Ade Safri mengatakan tiga orang saksi lainnya yang salah satunya berasal dari Aide de Camp Pejabat Eselon 1 Kementan RI belum memenuhi panggilan Polda Metro Jaya.

Saat ini pihaknya telah mengirimkan surat pemanggilan kembali terhadap tiga saksi yang belum dapat memenuhi panggilan. Namun Ade Safri tidak menjelaskan secara detail kapan penjadwalan pemanggilan ulang tersebut. 

“Hari ini juga kita terbitkan surat panggilan saksi yang kedua terhadap yang bersangkutan dan untuk satu orang saksi lainnya yang juga tidak hadir. Namun ada keterangan bahwa alamat tidak lengkap sehingga kita buatkan kembali surat panggilan ulang,” papar Ade Safri.

Artikel Terkait