Selamat Tinggal, Yahoo!

Forumterkininews.id, Jakarta- Perusahaan Internet Yahoo, mengatakan, Selasa (2/11), pihaknya telah menarik diri dari China dengan alasan persaingan bisnis yang semakin menantang. Penarikan itu sebagian besar bersifat simbolis, karena banyak layanan perusahaan telah diblokir oleh sensor digital China.

“Sebagai pengakuan atas lingkungan bisnis dan hukum yang semakin menantang di China, rangkaian layanan Yahoo tidak akan lagi dapat diakses dari daratan China mulai 1 November,” kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan dikutip AP.

Akan tetapi, perusahaan mengatakan akan tetap berkomitmen pada hak-hak pengguna. Langkah perusahaan itu dilakukan saat pemerintah Amerika dan China berselisih soal teknologi dan perdagangan.

AS telah membatasi raksasa telekomunikasi Huawei dan perusahaan teknologi China lainnya, menuduh bahwa mereka memiliki hubungan dengan pemerintah China, militer atau keduanya.

Yahoo adalah perusahaan teknologi asing terbaru yang keluar dari China.  Google menyerah beberapa tahun lalu, dan platform jaringan profesional Microsoft LinkedIn bulan lalu mengatakan akan menutup situs China-nya, menggantikannya dengan papan pekerjaan.

 

 

Artikel Terkait