Sempat Tembus 100 Juta, Pengguna Aktif Threads Turun

Forumterkininews.id, Jakarta – Pengguna aktif aplikasi Threads alami penurunan cukup drastis. Sempat klaim tembus 100 juta, kini hanya menjadi 23,6 juta per 14 Juli.

Hal itu menurut data dari firma analis SimilarWeb, dikutip dari Engadget Senin (17/7). Threads tercatat mengalami penurunan jumlah pengguna aktif harian dari 49 juta pada 7 Juli menjadi 23,6 juta pada 14 Juli.

Di Amerika Serikat, waktu penggunaan menurun dari 21 menit per hari menjadi 6 menit dalam periode waktu yang sama.

SimilarWeb mengungkapkan bahwa datanya hanya didasarkan pada penggunaan Threads di Android. Namun hasil serupa juga ditemukan oleh lembaga lain. Perusahaan intelijen pasar Sensor Tower melaporkan penurunan pengguna aktif harian dan interaksi pengguna sebanyak dua digit sejak media sosial tersebut diluncurkan.

Meskipun hadir sebagai alternatif dari Twitter yang mulai membatasi sejumlah fitur bagi pengguna gratisan dan memiliki konektivitas dengan Instagram.

Hal ini yang memungkinkan pengguna membawa pengikutnya ke Threads.

Media sosial tandingan Twitter tersebut tidak menghadirkan fitur-fitur dasar seperti non-algorithmic feed yang tidak didominasi oleh brand atau influencer.

Baca Juga: Wow! Baru 5 Hari, Threads Punya 100 Juta Pengguna

Sebelumnya, dalam sebuah unggahan di Threads, Jumat (14/7), petinggi Instagram, Adam Mosseri, mengatakan bahwa Threads diciptakan bukan untuk mengejar angka engagement untuk saat ini.

Artikel Terkait