Sepanjang 2023, Jokowi Gelontorkan Rp1,36 T Perbaiki Jalan di Jawa Tengah

FTNews – Sepanjang 2023, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menggelontorkan anggaran ke Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp1,36 triliun. Hal itu sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah.

Menurut Jokowi, anggaran sebesar Rp1,36 triliun itu telah ia peruntukkan guna membangun 40 ruas jalan dan beberapa jembatan yang ada di Jawa Tengah.

“Tahun 2023 anggaran inpres jalan daerah adalah sebesar Rp14,6 triliun. Kemudian yang terpakai untuk Provinsi Jawa Tengah sebesar Rp1,36 triliun untuk memperbaiki dan membangun 40 ruas jalan yang ada di jawa tengah,” kata Jokowi saat meresmikan jalan daerah ruas Muntilan Keningar di Magelang, Senin (22/1).

Selain itu, perbaikan jalan daerah melalui Inpres tersebut bertujuan untuk meningkatkan kemantapan jalan daerah. Yang sebelumnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah.

Presiden Jokowi  bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljo dan Gubernuer Jateng saat meninjau rekonstruksi Jalan Raya Surakarta-Gemolong-Purwodadi di Kab. Sragen, Jawa Tengah (Foto: BPMI Setpres)

“Mengingat keterbatasan fiskal daerah, maka APBN di gelontorkan untuk meningkatkan kemanatapan Jalan tersebut,”imbuhnya.

Daerah lain

Sementara itu, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dalam keterangannya, menyebut penanganan jalan daerah telah terlaksana oleh Kementerian PUPR secara bertahap pada 2023. Yakni pada tahap I telah teralokasi anggaran sebesar Rp14,6 triliun.

“Secara keseluruhan, rencana penanganan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Indonesia mencakup 2.873 km jalan dan 2.362 m jembatan,”kata Endra yang juga Juru Bicara Kementerian PUPR.

Di Provinsi Sumatera Utara, lanjutnya,  pelaksanaan IJD tahap pertama terbagi menjadi dua tahap, yakni tahap 1A dan 1B.

Pada tahap 1A tengah terlaksana 24 paket IJD dengan nilai kontrak Rp778 miliar. Salah satu ruasnya adalah yang Presiden Jokowi tinjau bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono pada Mei 2023 lalu. Yaitu ruas Jalan Gunting Saga – Teluk Binjei di Kabupaten Labuhan Utara (Labura).

BACA JUGA:   Besok, Pemprov DKI Buka Pendaftaran Mudik Gratis 2024

“Di Provinsi Lampung, khususnya di ruas ruas jalan Simpang Korpri – Purwotani atau jalan akses Tol Itera/Kotabar,  sempat ditinjau Presiden Jokowi dan Menteri Basuki pada Mei 2023. Dengan biaya Rp68,16 miliar,”ungkapnya.

Kata Endra, di Provinsi Lampung juga tengah diselesaikan pekerjaan IJD Perbaikan Jalan Ruas Kota Gajah- Simpang Randu.

Selanjutnya di Provinsi Jambi yang juga pernah dikunjungi Presiden Jokowi dan Menteri Basuki, saat ini tengah diselesaikan perbaikan Jalan Simpang Ahok (Kota Jambi)-Simpang Pasar Bumi Perkemahan Pramuka. Yang terdiri dari 3 paket dengan nilai total kontrak Rp139,3 miliar.

Artikel Terkait