Sepanjang Jumat, Banten Bakal Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir

Sejumlah wilayah di Banten diperkirakan bakal dilanda hujan lebat dan angin kencang yang disertai kilat pada Jumat (29/12) siang hingga malam hari.

Mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan cuaca buruk untuk wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Cilegon, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana mengatakan ada delapan daerah di Banten dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir atau kilat.

“Peluang cuaca buruk tersebut bisa terjadi pada siang, sore dan malam hari,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengemukakan bahwa suhu udara di wilayah Banten rata-rata 23-33 derajat celcius dengan potensi cuaca 65-95 persen dan tiupan angin bergerak dari arah timur laut hingga tenggara serta kecepatan 05-25 kilometer per jam.

Selain itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan bagi pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi Perairan Selatan Banten, Samudera Hindia Selatan Banten dan Selat Sunda bagian selatan.

“Saat ini, kondisi perairan di wilayah tersebut gelombangnya mencapai antara 1,25 meter hingga 2,5 meter atau masuk dalam kategori sedang,” ujarnya.

Sementara itu, perairan di penyeberangan Merak-Bakauheni relatif normal dan aman bagi pelaku pelayaran kapal Ferry, pesiar, tongkang, kargo, dan perahu nelayan. Sebab ketinggian gelombang Perairan Selat Sunda di bagian utara hanya 1,25 meter atau tergolong rendah.

Artikel Terkait

Kinerja Pemprov Banten Dinilai Baik, Kemenkeu Beri Ganjaran DID Rp19,6 Miliar

FTNews, Serang--- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten mendapatkan Dana Insentif...

Polisi Ungkap Kasus Perdagangan Orang, Modus Tawaran Kerja ke Kamboja, 14 Korban Diamankan

FTNews, Tangerang – Kepolisian Resort Bandara Soekarno-Hatta (Polresta Soetta)...

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...

Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Banten dan Pecahkan Sejumlah Rekor Nasional

FTNews---  Lifter nasional asal Provinsi Banten, Rizki Juniansyah, berhasil...