Sering Tidur Dekat Ponsel? Awas ada Dampak Radiasinya!

Forumterkininews.id, Jakarta – Saat ini ponsel melekat dalam keseharian manusia. Sejak bangun hingga kembali tidur, ponsel selalu menemani. Namun, perlu berhati-hati, di balik manfaat dari kepintarannya, tersimpan dampak buruknya.

Ponsel atau telepon genggam memiliki dampak buruk berupa radiasi. Ponsel dapat memancarkan radio frequency tingkat rendah. Radio frequency tersebut merupakan sebuah radiasi elektromagnetik yang dapat terserap oleh jaringan tubuh. Hal ini dapat membahayakan tubuh kita loh.

Melansir website resmi Kemenkes, yankes.kemkes.go.id, berikut dampak dari radiasi ponsel :

1. Merusak sel-sel otak

Gelombang elektromagnetik dapat dengan mudah menembus ke otak dan dapat menyebabkan kerusakan pada sel-sel di otak. Ketika sel-sel di otak sudah rusak, hal ini akan meningkatkan risiko penyakit pada otak.

2. Insomnia

Cahaya yang muncul dari layar ponsel dapat menghambat produksi hormon melatonin. Hormon melatonin berfungsi untuk mengatur tidur sehingga, akan mengganggu jam biologis tubuh.

3. Kualitas tidur turun

Selain hormon melatonin yang terhambat dan menjadi insomnia, hal ini juga yang mengakibatkan kualitas tidur seseorang turun. Karena insomnia, seseorang tentunya kekurangan tidur dan hal tersebut menurunkan kualitas tidur.

4. Menyebabkan sakit kepala

Selanjutnya, hal ini adalah hal yang sering kali terjadi namun, tidak pernah kita sadari. Radiasi ponsel dapat menyebabkan sakit kepala, mual, dan pusing.

5. Merusak konsentrasi

Gelombang radiasi elektromagnetik yang ponsel pancarkan mengakibatkan aliran darah tidak bekerja secara maksimal. Sehingga, kita gagal fokus dan kurang konsentrasi.

Oleh karena itu, jauhkan ponsel dari jangkauan kita saat tidur. Karena ponsel memiliki radiasi yang dapat membahayakan diri kita.

Nah, siapa dari kalian yang masih tidur dengan ponsel?

Artikel Terkait