Siapa Nyak Ayu Saree? Transpuan Aceh yang Menang Kontes Kecantikan

FT News – Sosok Nyak Ayu Saree tengah viral di platform media sosial. Siapa Nyak Ayu Saree? Berikut ulasannya.

Beberapa waktu lalu viral soal kontes transpuan atau transgender yang berlangsung di salah satu hotel Jakarta Pusat.

Kontes itu diketahui bernama Miss Beauty Star 2024. Kontes ini diselenggarakan untuk para transpuan. Pesertanya datang dari seluruh Indonesia, termasuk dari Aceh yang konon diwakili oleh Nyak Ayu Saree.

Sontak saja acara dan keikutsertaan Nyak Ayu menuai polemik di tengah masyarakat. Apalagi kemudian pemenangnya Nyak Ayu yang berasal dari Aceh.

@faktacom

Waria asal Aceh mencuri perhatian di Miss Beauty Star Indonesia 2024 dengan penampilan emosionalnya dalam dress putih. 💫👗 Namun, video tersebut menuai berbagai reaksi dari warganet. 🤔💬 #BonusDemografi #IndonesiaEmas2045 #KontesKecantikan #Aceh

♬ suara asli – Faktacom – Faktacom

Seperti diketahi, Aceh atau Nangroe Aceh Darussalam atau yang dikenal dengan sebutan Serambi Mekkah merupakan daerah di Indonesia yang menjunjung tinggi nilai-nilai keislaman.

Publik pun penasaran dengan sosok Nyak Ayu, siapa dia dan seperti apa latar belakangnya.

Dihimpun dari sejumlah sumber, Nyak Ayu merupakan seorang transpuan jebolan Transchool, sekolah yang memberikan pendidikan untuk kelompok transpuan. Sekolah ini sudah ada sejak 2000.

Sekolah ini menjadi tempat untuk kelompok transpuan yang tidak nyaman atau memiliki keterbatasan untuk mengakses pendidikan formal.

Bagi Nyak Ayu, kontes di Jakarta ini bukan pertama yang ia ikuti. Sebelumnya, beberapa kali ia mengikuti kontes kecantikan kelompok transpuan.

Tak hanya berpartisipasi, ia pun beberapa kali mampu meraih gelar juara. Ia misalnya sempat menjadi juara kedua Miss Prada 2022.

Potret Nyak Ayu Saree transpuan asal Aceh yang menang kontes kecantikan [Instagram]

Selain itu itu juga menjadi juara di Putri MMH Prada 2023, Miss Queer Puan 2024, hingga yang terakhir adalah Miss Beauty Star Indonesia 2024.

Dari unggahan akun Instagram @NolGagal yang dilihat dari FT News, terlihat detik-detik Nyak Ayu menjadi juara Miss Beauty 2024. ‘

Terlihat dua orang transpuan sedang menunggu pengumuman juara. Terdengar kalimat, “Miss Beuaty Star Indonesia 2024 Disematkan kepada Aceh.”

Artikel Terkait