Strategi Efisien untuk Optimalisasi Supply Chain Management
Daerah

Industri makanan dan minuman di Indonesia mengalami transformasi yang signifikan di era modern ini. Hal ini dibuktikan melalui hasil riset, dimana salah satu kategori produk yang paling sering dibeli oleh e-shopaholics atau pembelanja online adalah makanan dan minuman.
Pertumbuhan pesat sektor ini dipicu oleh perubahan gaya hidup konsumen dan meningkatnya permintaan akan produk berkualitas tinggi.
Namun, di balik pertumbuhan ini, pelaku usaha, terutama UMKM menghadapi sejumlah tantangan terkait supply chain yang membuat ritel sulit berkembang.
Baca Juga: Rincian Angsuran KUR BRI 2025 Pinjaman Rp 85 Juta, Cicilan Mulai dari Rp 61 Ribu per Hari
Oleh karena itu diperlukan langkah strategis untuk membantu pelaku usaha menghadapi tantangan tersebut. Berikut empat strategi yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha di sektor makanan dan minuman:
1. Mengintegrasikan Teknologi
Menggunakan sistem pelacakan dan manajemen inventaris memungkinkan UKM memantau pengiriman secara real-time. Ini membantu mengurangi risiko kerusakan dan keterlambatan, serta memastikan produk selalu tersedia, sehingga meningkatkan
Baca Juga: Pemkot Bandung Berikan BLT untuk 2.854 UMKM
efisiensi operasional dan respons terhadap permintaan konsumen.
2. Strategi Perencanaan yang Efisien
Dengan menganalisis data penjualan untuk memperkirakan permintaan dengan akurat, UKM dapat merencanakan produksi dan pengadaan bahan baku secara optimal. Hal ini membantu menghindari kelebihan atau kekurangan stok, sehingga produk selalu segar saat sampai ke konsumen dan mengurangi biaya penyimpanan.
3. Membangun Kemitraan dengan Supply Chain Delivery yang Efisien
Kerja sama dengan penyedia logistik yang menyediakan layanan supply chain management dapat meningkatkan efisiensi dan menurunkan biaya.
Memilih penyedia logistik yang memahami kebutuhan spesifik produk dan waktu pengiriman dapat memastikan produk sampai dengan baik, sehingga meningkatkan kepuasan pelanggan dan loyalitas.
4. Terus Berinovasi
Dalam bisnis tidak ada yang pasti kecuali perubahan itu sendiri. Oleh karena itu, untuk terus menjadi relevan dengan perubahan, penting bagi pemilik ritel makanan dan minuman untuk beradaptasi dan berinovasi memberikan hal yang baru untuk meningkatkan
kepuasan pelanggan.