Tembakan Keras Kambuaya Bawa Indonesia Unggul 1-0 atas Thailand

Forumterkininews.id, Singapura – Timnas Indonesia berhasil membangun semangat tim saat menjalani leg kedua Final Piala AFF Suzuki Cup 2020 di Singapura.

Tidak terlihat beban dari Skuad Garuda dalam menjalani laga ini. Terbukti Ricky Kambuaya berhasil melesakkan bola ke Gawang Thailand pada menit ke delapan.

Berawal dari umpan yang diberikan Ramai Rumakiek kepada Witan Sulaiman di daerah kotak pinalti Thailand. Mengetahui ruang tembaknya sangat sempit, Witan mengoper bola ke belakang ke arah Ricky Kambuaya.

Pemain nomor 15 yang mendapat kesempatan langsung melepaskan tendangan kuat. Meski berhasil ditepis Siwarak, penjaga GawanThailanf, namun bola terus melaju masuk gawang.

Sebelumnya, pelatih tim nasional Indonesia Shin Tae-yong mengaku optimis tim asuhannya akan membawa piala AFF.

“Saya sangat yakin kami akan memenangkan pertandingan besok (hari ini),” kata  Shin Tae-yong dalam keterangan persnya, Jumat (31/12).

Sementara itu pelatih Thailand Alexandre Polking mengaku beban timnya setelah kemenangan pertama menjadi lebih ringan. Kini tugas mereka adalah menuntaskan pertandingan kedua untuk memastikan gelar juara.

“Melihat hasil bagus pada leg pertama kami sedikit lebih bebas. Tidak ada alasan bagi saya untuk mengubah permainan di pertandingan kedua,” kata Polking.

Pelatih berdarah Brasil-Jerman ini tak lupa mengingatkan para pemainnya bahwa kendati sudah mengantongi kemenangan, namun pertandingan belum berakhir.

“Jadi, kami perlu menampilkan performa yang kami tahu bisa kami lakukan. Tapi laga belum selesai sehingga kami harus tetap merasa lapar akan kemenangan,” tegasnya.

Thailand merupakan tim yang paling banyak mengoleksi gelar juara Piala AFF, yakni 5 kali sejak turnamen ini digelar pertama kalinya pada 1996 di Singapura dengan titel Piala Tiger. Terakhir kali Thailand merebut juara pada Piala AFF 2016 setelah di final mengalahkan Indonesia.

Artikel Terkait