Temui Wamenkeu, Ketua KPPU Komit Kawal Pertumbuhan Ekonomi Nasional

FT News – Pengawasan terhadap persaingan usaha merupakan hal penting dalam mengawal pertumbuhan ekonomi. Apalagi di dunia usaha kerap kali terjadi prilaku kartel atau praktik monopoli yang merusak fundamental perekonomian nasional.

Atas dasar itu, Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) M. Fanshurullah
Asa menemui Wakil Menteri Keuangan RI (Wamenkeu) Thomas Aquinas Muliatna
Djiwandono, Jumat, 6 September 2024. Dalam pertemuan itu, Ketua KPPU menyampaikan komitmennya dalam mengawal pertumbuhan ekonomi nasional agar lebih efisien dan kompetitif.

Melalui pengawasan persaingan usaha dan kemitraan usaha mikro kecil dan menengah sebagaimana tujuan Undang-Undang No. 5 Tahun 1999 dan Undang-Undang N0. 20 Tahun 2008, Fanshurullah optimis ekonomi nasional tumbuh dengan lebih efisien dan kompetitif.

“Untuk itu, penguatan kelembagaan KPPU perlu diberi dukungan”, kata Ketua KPPU M. Fanshurullah Asa dalam keterangan resminya, Sabtu (7/9/2204).

Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) Republik Indonesia

Pada kesempatan itu, Dewan Penasihat KPPU Fuad Bawazier yang turut hadir juga menyampaikan, bahwa penguatan kelembagaan KPPU menjadi penting dalam menjaga persaingan usaha.

Hal ini didukung dengan penjelasan Sahala Benny Pasaribu yang menyatakan bahwa KPPU adalah satu-satunya lembaga otoritas persaingan usaha di Indonesia yang mampu mengatasi perilaku kartel atau praktik monopoli yang merusak fundamental perekonomian nasional.

Sementara itu, Wamenkeu Thomas Aquinas Muliatna Djiwandono turut mengamini peran strategis KPPU, penguatan kelembagaan dan kontribusi persaingan usaha dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

Ke depan, penguatan KPPU akan menjadi penentu dalam menjamin tingkat atau intensitas persaingan bisnis di Indonesia.

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut Ketua KPPU turut didampingi oleh Wakil Ketua KPPU Aru Armando dan Anggota KPPU lain seperti Budi Joyo Santoso dan Eugenia Mardanugraha, serta Dewan Penasihat KPPU Fuad Bawazier dan Sahala Benny Pasaribu.

BACA JUGA:   Menko Airlangga: RI Kembali Masuk Negara Pendapatan Menengah Atas

Sementara, Wamenkeu didampingi oleh Direktur Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata dan Sudarto Staf Ahli Bidang Pengeluaran Negara.

Artikel Terkait

Digulingkan Karena Timses Ganjar, Arsjad Rasjid: Tidak Relevan

FT News – Arsjad Rasjid menjawab isu mengenai dirinya...

Mengenal Anindya Bakrie, Ketua Kadin Melalui Munaslub

FT News – Pengusaha Anindya Bakrie akhirnya diumumkan menjadi...

Menko Marves Kunjungi TSTH2 di Pollung, Cek Ribuan Bibit Tanaman Herbal

FT News - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi,...