Tes Mesin V4 di Valencia, Yamaha Beri Sinyal Tinggalkan YZR-M1?
Olahraga

Yamaha sepertinya bakal meninggalkan mesin lamanya YZR-M1 dan menggantikannya dengan mesin baru V4.
Sinyal itu terlihat sejak Selasa (15/4/2025) kemarin.
Di mana Yamaha telah melakukan tes perdana motor V4 mereka di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia.
Baca Juga: Marc Marquez Catat Rekor Baru saat Menangi Sprint Race MotoGP Prancis
Ujicoba tersebut dilakukan dua hari setelah MotoGP Qatar 2025, berlangsung.
Tak ingin menunggu lama, Yamaha langsung menggeber mesin V4 baru mereka di Valencia sejak 15 hingga 16 April 2025.
Sayangnya Fabio Quartararo dan Alex Rins yang baru saja menjalani MotoGP Qatar 2025 tidak disertakan dalam ujicoba mesin barunya.
Baca Juga: Berikut Jadwal MotoGP Inggris 2025 : Mulai Digeber Jumat Hari Ini!
Mereka diistirahatkan terlebih dahulu, sedangkan tes privat ini dipimpin oleh dua test rider Augusto Fernandez dan Cal Crutchlow.
Augusto Fernandez yang juga ikut MotoGP Qatar 2025 sebagai pengganti Miguel Oliveira di tim Pramac Racing, langsung terbang ke Valencia.
Sebenarnya Yamaha berencana mengandalkan Andrea Dovizioso, dalam pengembangan mesin baru V4 ini.
Pengalaman Andrea Dovizioso bersama Ducati selama bertahun-tahun, dianggap sangat berguna buat pengembangan proyek baru ini.
Sayang sekali Dovi malah mengalami insiden baru yang membuatnya mengalami patah tulang selangka, sehingga harus menepi dari peran barunya untuk membantu Yamaha.
Sebenarnya ini bukan tes perdana mesin V4 di lintasan, karena kabarnya sudah ada tes privat diam-diam dilakukan di Sepang beberapa pekan yang lalu.
Tes tersebut menampilkan mesin V4 versi paling awal, yang masih memiliki banyak pekerjaan rumah seperti elektronik dan semacamnya.
"Jika dan ketika memang mesin V4 lebih baik daripada yang kami gunakan sekarang, maka kami akan memperkenalkannya," kata bos Yamaha MotoGP, Paolo Pavesio, beberapa pekan lalu.
"Tapi tidak realistis jika melakukan pergantian langsung pada 2025. Jika kami memberikan mesin itu ke pebalap, kami harus yakin itu sudah berada di level yang bagus," lanjutnya.
Proyek ini diharapkan menjadi solusi atas masalah tenaga mesin yang dikeluhkan para pembalap pabrikan berlogo garpu tala ini.
Saat ini Yamaha menjadi satu-satunya brand yang menggunakan mesin inline 4 di MotoGP, sedangkan lainnya sudah memakai V4.
Mesin V4 baru ini adalah hasil kerja sama antara Yamaha dan Marmotors, perusahaan permesinan milik Luca Marmorini yang dulunya menjadi salah satu insinyur terkenal di F1.