Tiga Anggota KKB, Pelaku Penganiayaan Ditangkap Tim Gabungan

Forumterkininews.id, Jakarta – Tim Satgas Damai Cartenz menangkap tiga orang dari sembilan anggota kelompok kriminal bersenjata (KKB). Mereka sebagai pelaku tindak pidana penganiayaan berat hingga menyebabkan korban meninggal dunia di Statistik Dekai, Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz 2023, Kombes Pol Faizal Ramadhani mengatakan ketiga orang pelaku itu diamankan bersama enam orang lainnya dalam operasi penggerebekan oleh Polres Yahukimo dan Satgas Damai Cartenz di salah satu rumah yang diduga tempat persembunyian KKB pada pukul 03.00 WIT.

“Dari hasil pemeriksaan sementara diketahui bahwa dari sembilan orang yang diamankan tersebut, tiga di antaranya adalah pelaku pembunuhan warga sipil di Jalan Statistik Distrik Dekai, Yahukimo pada Minggu (30/4) lalu,” kata Faizal dalam keterangannya yang  diterima di Jakarta, Jumat (5/5).

Sembilan orang yang diamankan tim gabungan dalam penggerebekan tersebut, yakni berinisial GS, HS, JS, SS, NM, LS, LS, ES, dan SL.

Adapun, inisial tiga pelaku pembunuhan tersebut, yakni NM, EDS, dan ES.

Ia mengatakan bahwa ketiga pelaku telah ditetapkan sebagai tersangka atas pembunuhan dua warga sipil bernama Yonatan Arruan dan Asri Obet.

Sementara ketiga tersangka menganiaya korban menggunakan senjata tajam. Seperti, pelaku NM menikam korban Asri Obet menggunakan pisau.

Kemudian, tersangka ES menggunakan senjata tajam parang melakukan pembacokan kepada korban Yonatan Arruan.

“Sedangkan tersangka ES juga melakukan pembacokan dengan menggunakan parang ke korban Yonathan,” ujarnya.

Menurut Faizal, dari hasil penyelidikan mendalam terungkap para pelaku pembunuhan berjumlah sembilan orang. Dengan ditangkapnya tiga pelaku tersebut, maka masih tersisa enam orang lainnya dalam pengejaran.

Selain itu, tim Satgas Damai Cartenz dan Polres Yahukimo terus melakukan pendalaman untuk mengetahui motif pembunuhan yang dilakukan anggota KKB.

BACA JUGA:   Geng Motor yang Tewaskan Warga Dibekuk Polres Majalengka

“Satgas Damai Cartenz terus melakukan pengejaran terhadap enam pelaku lainnya yang sudah diketahui identitasnya,” tutur Faizal.

 

Artikel Terkait