Tim Gabungan TNI-Polri Perluas Pencarian Pilot Susi Air, Ini Lokasinya

Forumterkininews.id, Nduga – Tim gabungan Polri-TNI kini memperluas pencarian pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

Hal itu diungkapkan Kepala Operasi Damai Cartenz 2023, Kombes Faizal Ramadani dalam keterangannya, Senin (6/3).

“Memang saat ini usaha kita sudah perluas pencarian di dua kabupaten yakni Kabupaten Nduga dan Lanny Jaya,” katanya.

Menurutnya, dengan memperluas di dua lokasi tersebut, bisa membuat titik terang permasalahan tersebut.

Ia menegaskan tidak ada batas waktu untuk melakukan pencarian dan penyelamatan warga negara Selandia Baru itu.

Satgas Damai Cartenz 2023 juga melakukan usaha lainnya dengan pendekatan lunak, yakni negosiasi kepada tokoh-tokoh masyarakat dan tokoh adat.

Selain itu juga meminta bantuan melalui unsur pemerintahan untuk memberikan himbauan kepada tokoh masyarakat dan tokoh adat.

“Kita masih berusaha tapi belum maksimal. Kami terus bertekad untuk berusaha mendapatkan, menemukan dan menyelamatkan pilot Philip Mark,” ucapnya.

Sebelumnya diketahui, Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan bahwa kondisi pilot pesawat Susi Air Kapten Philip Mark Merthens dalam keadaan baik. Setelah 3 pekan disandera oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya.

“Dari hasil komunikasi tim dan pemerintah daerah, alhamdulillah kondisi pilot masih dalam kondisi yang baik,” kata Dedi dikonfirmasi di Jakarta
Menurut Dedi, Polri bersama Satgas Damai Cartenz yang tergabung di dalamnya TNI, pemerintah daerah, dan tokoh agama, mengedepankan upaya dialog. Dalam membebaskan pilot asal Selandia Baru tersebut.
Upaya dialog ini, kata dia, dilakukan oleh pemerintah daerah setempat, yakni bupati setempat yang melakukan komunikasi dengan pihak KKB serta tokoh adat.
“Tujuan dari kita yang penting adalah keselamatan, tujuan utama adalah keselamatan pilot Susi Air, itu dulu aja,” ujarnya.

Artikel Terkait