Umbar Prestasi Kenaikan di Jabar, Ridwan Kamil Janjikan Kenaikan Dividen BUMD Jakarta

FTNewsRidwan Kamil mengumbar prestasinya saat berhasil meningkatkan Dividen Bank BJB dan Bank Jabar Banten ketika masih menjadi Gubernur Jawa Barat.

Pernyataan ini disampaikan ketika mengunjungi markas TKN Fanta Prabowo-Gibran di Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9).

“Dua-duanya membuahkan hasil, misalkan di Bank Jabar Banten ya, di Bank BJB, menjadi bank daerah yang terbesar dengan dividen hampir 100 T misalkan,” jelasnya.

Calon Gubernur Jakarta yang dicalonkan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus ini menjelaskan bahwa pengalamannya dalam mengelola BUMD di Kota Bandung dan Jawa Barat akan menjadi dasar bagi strategi penyehatan BUMD di Ibu Kota.

Ridwan Kamil dalam paparannya di kantor TKN Fanta Prabowo-Gibran, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (2/9). Foto: FTNews / Muhamad Nur Alfiyan

“Ya, saya kira saya harus pelajari dulu, karena pada dasarnya saya sudah dua kali mengelola BUMD, BUMD Satu Wali Kota Bandung dan BUMD di Jawa Barat,” katanya kepada wartawan, Senin, 2 September 2024.

Menurutnya, pola manajemen yang diterapkan di BUMD yang dikelolanya sebelumnya dapat diadaptasi untuk menyelesaikan permasalahan serupa di Jakarta.

“Pola-pola manajemen yang sama, insyaallah itulah kami hadir membawa pengalaman, karena permasalahannya hampir mirip-mirip, mungkin berbeda 30 persen lah, tapi 70 persennya itu kurang lebih sama,” jelasnya.

Dalam konteks ini, Ridwan Kamil menekankan pentingnya perbaikan manajerial untuk memastikan BUMD dapat memberikan deviden yang optimal dan berkontribusi lebih besar terhadap pendapatan daerah.

Artikel Terkait