Waspada! Cuaca Ekstrem Bakal Terjadi di Tiga Daerah Ini, Berpotensi Bencana Alam

FTNews – Warga yang berada di Kabupaten Lebak, Tangerang dan Kota Tangerang diminta untuk mewaspadai hujan lebat yang disertai angin pada hari ini, Rabu (31/1).

Imbauan tersebut disampaikan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang

“Cuaca di tiga daerah tersebut berpeluang terjadi pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana alam, seperti longsor, pohon tumbang, pergerakan tanah, banjir, dan gelombang tinggi,” kata Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang.

Selain tiga daerah tersebut, cuaca di Kota Cilegon, Kota Serang,Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang relatif normal dan aman dari ancaman cuaca buruk tersebut.

Kemudian pada siang hari, potensi hujan intensitas ringan dan sedang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang, Kota Cilegon dan Kota Tangerang.

Adapun suhu udara rata-rata 24-32 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 60-90 persen.

Selain itu, tiupan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan 5 hingga 20 kilometer per jam.

Tak hanya itu, BMKG juga mengeluarkan peringatan dini untuk keselamatan pelaku pelayaran.

Peringatan tersebut disampaikan, khususnya untuk perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi Perairan Selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.

Sementara itu, penyeberangan Pelabuhan Merak Banten-Bakauheni Lampung untuk hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter.

Artikel Terkait

Pj Gubernur Banten Al Muktabar Beberkan Empat Fokus APBD 2025

FTNews, Serang--- Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar mengatakan,...

Rizki Juniansyah Sumbang Emas untuk Banten dan Pecahkan Sejumlah Rekor Nasional

FTNews---  Lifter nasional asal Provinsi Banten, Rizki Juniansyah, berhasil...

Penyerapan Pajak Kota Tangerang Meningkat Drastis PBB-P2 97,3% dan BPHTB 105,8%

FTNews--- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang kembali mencatatkan tren positif...