Waspada! Puncak Banjir Rob di Pesisir Jakarta Utara

Forumterkininews.id, Jakarta- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi, Minggu (12/12)  ini, akan terjadi puncak banjir rob di pesisir Jakarta Utara (Jakut). Pemerintah Provinsi (DKI) Jakarta menyiagakan aparatur untuk membantu warga.

“Fenomena pasang air laut bakal merendam empat wilayah pesisir. Yakni, Pademangan, Penjarigan, Pelabuhan Sunda Kelapa, dan Kepulauan Seribu,” ungkap Kepala Pusat Meteorologi BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Sabtu (11/12).

Eko menuturkan, ada tiga hal yang menjadi penyebab banjir rob di Jakut. Ketiganya berkaitan dengan kondisi alam.

Pertama, gelombang tinggi di perairan Jakut hingga Laut Jawa yaitu sekitar 1,5 hingga 2,5 meter. Kedua, angin kencang sekitar 20 hingga 20 knot. Dan ketiga, fase pasang air laut.

Dia menerangkan, fase pasang air laut di perairan laut Jawa puncaknya terjadi tanggal 2 sampai 9 Desember. Jika pasang air laut ini bersamaan dengan angin kencang, maka akan menyebabkan banjir rob di Jakut.

“BMKG telah menyiapkan coastal inundation flat early warning system. Sistem tersebut untuk memberikan peringatan dini banjir rob,” tandasnya.

Artikel Terkait