5 Gejala Awal Demensia Ini Sering Terabaikan, Waspada

FTNews – Demensia merupakan kondisi terjadinya penurunan daya ingat dan cara pikir. Kondisi ini paling sering terjadi pada lansia. Sayangnya, gejala awal demensia sering terabaikan.

Gejala umum yang kerap terjadi adalah kebingungan, daya ingat menurun, dan perubahan kepribadian. Neuropsikolog di University of California Dr Katherine Rankin menekankan, gejala ini bukan termasuk demensia, kecuali adanya perubahan perilaku seseorang dari sebelumnya.

Mengutip The Mirror, berikut ini lima tanda awal demensia:

Sering Jatuh

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Neuroscience pada tahun 2021 mengungkap orang tua akan sering terjatuh dalam beberapa tahun menjelang diagnosis demensia.

Mengabaikan Norma Sosial

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cortex, orang tua yang mengalami penurunan daya ingat menunjukkan perilaku yang tidak pantas, misalnya menyampaikan komentar tidak pantas kepada perempuan. Hal ini bisa menjadi gejala awal demensia.

“Tentu saja, sebagian besar orang yang melakukan perilaku tersebut tidak menderita demensia. Hanya ketika warga negara yang sebelumnya taat hukum mulai mencuri atau melakukan hal-hal lain yang tidak sesuai dengan karakternya maka hal tersebut menjadi kekhawatiran terhadap demensia,” ujar Dr Rankin

Sulit Mendeteksi Kebohongan

Dr Rankin mengatakan gejala awal demensia selanjutnya adalah sulit mendeteksi kebohongan. Mereka cenderung percaya dengan perkataan orang sekitar, meskipun mereka tengah berbohong.

Sulit Menggerakkan Mata Secara Normal

Penderita demensia dapat kehilangan kemampuan untuk menggerakkan mata secara normal. Mereka juga mungkin mengalami kesulitan membaca. Dr Rankin menyebut, penderita demensia mungkin tidak menyadari hal ini tetapi orang-orang di sekitarnya akan menyadarinya.

Konsumsi Makanan Basi

Dr Rankin mengungkapkan gejala awal demensia terakhir adalah mengonsumsi makanan basi. Sebab, otak mereka sulit membedakan bau pada makanan.

Artikel Terkait