Ada Kejutan di Debat Cawapres: Gibran Rakabuming Raka Kembali Jadi ‘Bintang’?

FTNews – Debat calon wakil presiden (cawapres) Minggu (21/1) malam bakal berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC). Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menyebut akan ada kejutan dari cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka.

Gibran Rakabuming Raka menurut TKN akan memberikan penampilan terbaiknya. Selain itu, para tokoh mendukung Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pun akan hadir.

Wakil Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Aminuddin Ma’ruf mengatakan, tokoh yang akan datang dalam debat adalah tokoh yang memiliki basis massa pendukung. Sosok yang bisa mengerek elektabilitas Prabowo-Gibran.

“Kami yakin penampilan mas Gibran di debat nanti malam akan memberikan daya kejut dan daya dorong untuk meyakinkan generasi muda dan masyarakat yang belum menentukan pilihannya,” katanya di Jakarta, Minggu (21/1).

Tampilan Gibran Rakabuming Raka saat debat Cawapres Pemilu 2024. Foto: FTNews/Eriel Wira Natha

Jadi Bintang

Pengamat Politik Ujang Komarudin menilai, bisa atau tidaknya Gibran kembali menjadi bintang dalam debat cawapres malam ini bergantung pada Gibran sendiri.

Ketika mampu memahami konteks, mengelaborasi kemampuannya di atas panggung. Lalu bagaimana merespon dan menanggapi lawan debatnya, bisa jadi bintang.

“Biasanya kalau dia dianggap enggak mampu, dikritik biasanya gibran akan lebih semangat untuk menunjukkan diri,” kata Ujang menjawab FTNews, di Jakarta, Minggu (21/1).

Menurutnya, Gibran masih punya peluang untuk menunjukkan kemampuannya sebagai cawapres. Bisa membalikkan keadaan dan kritik-kritikan lawan politiknya dan masyarakat yang meragukannya.

Di sisi lain lanjut Ujang, semua cawapres punya peluang untuk unggul di debat nanti malam. Sebab untuk tema debat cawapres terkait lingkungan hidup, sumber daya manusia, energi, masyarakat adat, agraria dan desa tidak ada cawapres yang memang ahli di bidang itu.

“Semuanya punya kesempatan peluang untuk bisa unggul. Tergantung tadi persiapan diri secara subtansi maupun mental dalam debat nanti malam,” tuturnya.

BACA JUGA:   Ekosistem Digital BAKTI Berdayakan UMKM Lokal

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review ini menjelaskan tiga hal dan strategi yang penting cawapres kuasai untuk debat. Pertama, penguasaan materi. Kedua, penguasaan panggung, diselingi hiburan dan gimmick juga penting. Lalu ketiga, mampu memprediksi pertanyaan moderator maupun lawan debat. Sehingga bisa merespon dengan cepat dan baik.

Gibran Rakabuming Raka (tengah) dan cawapres paslon lainnya Muhaimin Iskandar (kiri) dan Mahfud MD (kanan). Foto: FTNews/Eriel Wira Natha

Debat Pertama

Di debat cawapres pertama, 22 Desember 2023, banyak yang menyebut Gibran tampil memukau. Mematahkan semua anggapan miring kalau putra sulung Joko Widodo ini tak mampu.

Aksi panggungnya memukau. Jam tangan dan sepatu lokalnya jadi sorotan. Belum lagi, paparan dan jawaban atas pertanyaan cawapres lainnya, ia libas tuntas.

Argumen data dan faktor pengalamannya memperkuat setiap jawaban Wali Kota Surakarta ini. Debat cawapres pertama bertema ekonomi kerakyatan dan ekonomi digital, keuangan, investasi pajak, perdagangan, pengelolaan APBN-APBD, infrastruktur dan perkotaan.

Usai debat pun ia mencuit “Let Him Cook” di X. Cuitan itu pun menjadi trending di jagat maya. Sebuah cuitan yang sarat makna, biarlah publik yang menentukan sikap setelah suami Selvi Ananda ini tampil.

Artikel Terkait